Rabu, Juni 19, 2024
BerandaPemerintahanRibuan Peserta Kirab dan Ritual Budaya Meriahkan HUT 2 Abad Kelenteng Hok...

Ribuan Peserta Kirab dan Ritual Budaya Meriahkan HUT 2 Abad Kelenteng Hok Sian Kiong

Mojokerto,Xtimenews.com – Kirab dan ritual budaya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-200 Tahun Kelenteng Hok Sian Kiong Mojokerto, Jawa Timur diikuti sekitar 2.000 peserta dari berbagai kelenteng se-Indonesia. Peserta kirab diberangkatkan oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dari halaman Kelenteng Hok Sian Kiong Mojokerto, Jalan PB Sudirman Kota Mojokerto, Minggu (14/5/2023).

“Kirab dan ritual budaya Hok Sian Kiong pada tahun 2023 ini adalah sebuah ritual budaya yang bisa mempersatukan berbagai latar belakang baik etnis, budaya, agama, ras, suku, seluruh kebhinekaan itu tetap bisa menyatu dengan harmonis dan penuh kekeluargaan di kota kita tercinta. Ini adalah wujud Kota Mojokerto yang harmonis, aman, dan damai bagi siapa saja untuk bisa tinggal di dalamnya,” ungkap Wali kota.

Kedepan Wali kota berharap kirab dan ritual budaya seperti ini akan menghadirkan tamu lebih banyak dari berbagai daerah se-Indonesia dan menjadi tonggak sejarah, serta barometer kota yang harmonis dan rujukan bagi siapa saja yang ingin belajar bagaimana menciptakan kerukunan dan keharmonisan.

“Kelenteng Hok Sian Kiong ini adalah salah satu wisata sejarah yang telah ditetapkan sebagai destinasi cagar budaya. Mari kita rawat bersama-sama, kita sebarkan ke berbagai penjuru negeri ini termasuk ke berbagai negara ada satu destinasi sejarah yang layak di kunjungi di Kota Mojokerto yaitu Hok Sian Kiong yang telah berdiri megah selama 2 abad di Kota Mojokerto,” jelasnya.

Sementara itu, Suryanto selaku Ketua panitia kirab dan ritual budaya Hok Sian Kiong menjelaskan, selain memperingati HUT ke-200 tahun Kelenteng Hok Sian Kiong Mojokerto dan memperingati hari lahir YM Makco Thian Shang Sheng Mu yang ke-1063. Kirab dan ritual budaya ini juga bertujuan untuk menambah semangat persatuan toleransi beragama dan melestarikan budaya di Kota Mojokerto.

“Terima kasih banyak yang setinggi-tinggi nya atas terwujudnya acara kirab dan ritual budaya dalam rangka perayaan HUT YM Makco Thian Shang Sheng Mu yang ke-1063 dan HUT ke-200 tahun Kelenteng Hok Sian Kiong Mojokerto, berkat dukungan Ibu Wali kota dan seluruh masyarakat Kota Mojokerto, acara ini bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Sejak pukul 07.00 WIB, ribuan warga tampak berkerumun di sekitar Kelenteng Hok Sian Kiong menunggu pemberangkatan Kirab Ritual dan Budaya. Tampak aroma dupa, aneka ornamen bernada warna merah tampak mendominasi suasana sekitaran pemberangkatan. (Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments