Senin, Mei 27, 2024
BerandaPemerintahanGubernur Jatim Resmikan Aplikasi Sipraja 2.0 Milik Pemkab Sidoarjo

Gubernur Jatim Resmikan Aplikasi Sipraja 2.0 Milik Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO, Xtimenews.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri peresmian aplikasi SIPRAJA 2.0 yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk memudahkan warga Sidoarjo dalam pengurusan administrasi mulai dari tingkat desa atau kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten.

SIPRAJA merupakan singkatan dari Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo. Merupakan inovasi pelayanan publik berbasis digital yang akan memudahkan pengurusan yang sudah terintegrasi hanya dari rumah.

“SIPRAJA 0.2 ini merupakan inovasi lanjutan dari SIPRAJA 0.1 yang di launching pada 2019, tentang layanan kemudahan dalam pengurusan perijinan misalnya, yang dapat diakses langsung oleh warga dari rumah atau kantornya,” kata Sekda Sidoarjo, Achmad Zaini.

Melalui SIPRAJA, Pemkab Sidoarjo akan terus meningkatkan inovasi pelayanan publik seiring dengan perkembangan dunia digital. Sehingga masyarakat tidak perlu repot antri di kantor pelayanan jika hendak mengurus administrasi yang sudah terintegrasi.

“Kedepan, SIPRAJA akan kami tingkatkan 3.0 hingga 4.0, di dalamnya akan ada beragam jenis layanan publik. Saat ini, tersedia layanan kepengurusan administrasi. Nantinya, juga akan memasukan jenis layanan pengaduan dan konsultasi langsung dari rumah atau kantornya masing-masing. Sesuai hastagnya, #TrusDirumah,” imbuh Achmad Zaini.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa turut hadir dalam peresmian yang dilakukan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo. Ia mengapresiasi inovasi pelayanan publik berbasis digital tersebut. SIPRAJA 0.2 merupakan satu-satunya inovasi layanan yang baru dan dikembangan di suatu daerah di wilayah Jatim, yaitu milik Pemkab Sidoarjo.

“Kami apresiasi, inovasi layanan SIPRAJA tersebut merupakan salah satu pencapaian Pemkab Sidoarjo, dan berbagai penghargaan telah diterima Pemkab Sidoarjo mulai tingkat kelembagaan, kementerian bahkan di tingkat Nasional,” ungkapnya.

Aplikasi SIPRAJA 0.2 bisa di akses melalui website resminya di laman sipraja.sidoarjokab.go.id. Selanjutnya, Pemkab Sidoarjo menargetkan SIPRAJA 0.3 akan tercapai dan dijalankan saat HUT Sidoarjo ke 163, 2022 nanti. (vin/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments