Senin, April 29, 2024
BerandaIndexKesehatanRNI Produksi Alkes HOG, Produksi Gas Oksigen Secara Mandiri

RNI Produksi Alkes HOG, Produksi Gas Oksigen Secara Mandiri

JAKARTA, Xtimenews.com – Seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 dan meningkatnya kebutuhan oksigen medis, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Persero memiliki solusi pemenuhan oksigen dengan memproduksi Gas Oksigen generator buatan dalam negeri.

RNI group melalui Anak Perusahaan Mitra Rajawali Banjaran (MRB) berinovasi memproduksi alat kesehatan bernama Hype Oksigen Generator (HOG), yang dapat memproduksi gas oksigen secara mandiri mulai dari type 02G-50 yang mampu memproduksi oksigen 50liter/menit, 02G-100 dengan kemampuan produksi oksigen 100liter/menit, 02G-200 dan kemampuan oksigen 200 liter/menit, 02G-300 dengan kapasitas produksi oksigen 300 liter/menit hingga 02G-500 dengan produksi oksigen 500 liter/menit.

Direktur Utama PT RNI (Persero), Arief Prasetyo Adi menjelaskan, inovasi ini sejalan dengan Instruksi Presiden No.6 Tahun 2016 kepada Menteri BUMN untuk meningkatkan kemampuan BUMN industri farmasi dan Alat Kesehatan (Alkes) melakukan pengembangan Alkes guna mewujudkan kemandirian dan daya saing industri alat kesehatan dalam negeri.

“Inovasi Alkes Oksigen generator ini, mampu membuat pabrik oksigen secara mandiri di setiap Rumah Sakit, tanpa bergantung dengan metode PSA (Pressure Swing Adsorption) yaitu, dengan memisahkan kandungan Nitrogen dari Udara, sehingga tercipta Oksigen dengan Purity 93% (+/- 2%) sesuai standard medis World Health Organization (WHO),” bebernya.

Sambungnya, bahwa inovasi ini dilakukan pada Kuartal II/2021 dan beberapa Rumah Sakit telah melakukan pemesanan mulai type 50 Liter/ menit hingga type 200 liter/ Menit.

“Saya berharap, dengan lonjakan covid yang akhir – akhir ini menyebabkan kebutuhan oksigen meningkat dapat menjadi solusi bagi setiap Rumah Sakit untuk pertolongan penanganan covid -19, sehingga masyarakat yang terpapar covid dan membutuhkan penanganan oxigen dapat segera terbantu jika setiap Rumah Sakit memiliki kelengkapan Alkes seperti oksigen generator yang memproduksi oksigen mandiri seperti pabrik di setiap Rumah Sakit,” ungkap Arief.

Oksigen Generator ini, tambah Arief, termasuk salah satu alat yang direkomendasikan WHO dalam pemenuhan kebutuhan Oxigen untuk penanganan covid-19 dan RNI group siap melakukan pengadaan Alkes Oxygen Generator dengan kapasitas produksi 5 unit/1,5 bulan Hype Oxygen Generator buatan dalam negeri.

“Sebagai upaya penanggulangan covid-19, RNI akan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian maupun Kementerian Kesehatan untuk pengadaan oksigen generator di setiap Rumah Sakit dan Kedepan tidak tertutup kemungkinan akan memperluas jaringan distribusi ke pelaku usaha atau pabrik-pabrik oksigen yang memproduksi secara retail produk oxigen untuk kebutuhan rumah tangga atau masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah,” terang Arief. (fian/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments