Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaIndexHeadlineDikawal Ketat Petugas Kepolisian, Surat Suara Pilkada Mojokerto Sudah Tiba

Dikawal Ketat Petugas Kepolisian, Surat Suara Pilkada Mojokerto Sudah Tiba

MOJOKERTO, Xtimenews. com- Sebanyak 424 box surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mojokerto telah tiba di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dengan pengawalan ketat petugas kepolisian, Selasa (24/11/2020).

Surat suara yang dimuat dengan kendaraan mobil box datang di gudang logistik KPU yang ada di Gedung Olahraga (Gor) Diknas Kabupaten Mojokerto dengan pengawalan mobil Patwal kepolisian Polres Mojokerto.

Tak hanya itu untuk menjamin keamanan logistik surat suara Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander didampingi Kasat lantas Polres Mojokerto AKP Randy serta anggota TNI Kodim 0815 Mojokerto meninjau langsung kedatangan surat suara yang akan digunakan untuk pilkada 2020 pada 9 Desember yang akan datang.

Penjagaan secara ketat tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan selama proses penurunan surat suara berlangsung.

Kedatangan surat suara ini juga dilakukan sesuai protokol kesehatan, sopir mobil box turun dari kendaraan langsung mencuci tangan pakai sabun dan dilakukan pengukuran suhu tubuh.

Tak hanya itu penyemprotan disinfektan juga dilakukan sebelum box surat suara diturunkan. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 agar tidak terjadi klaster baru.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander menegaskan, pengawalan logistik surat suara untuk pilkada 2020 dilakukan secara ketat mulai dari percetakan hingga ke gudang logistik KPU Kabupaten Mojokerto.

“Kami sudah mengamankan 424 box kertas suara yang berisi masing-masing box 2000 lembar kertas suara yang digunakan pesta demokrasi tanggal 9 Desember nanti,” kata Dony kepada wartawan, Selasa (24/11).

Selanjutnya surat suara yang telah di terima oleh KPU akan disimpan terlebih dahulu sebelum nantinya akan dilakukan penyortiran serta pelipatan surat suara.

“Dalam proses pelipatan surat suara juga kita siapkan petugas TNI-Polri yang akan berjaga di gedung logistik KPU,” ungkap Dony.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, surat suara yang datang ada sebanyak 846.077 lembar yang terdiri dari daftar pemilih tetap sebanyak 823.014.

‘Itu ditambah 2,5% setiap TPS yaitu 21.603 selain itu ada tambahan 2000 untuk mempersiapkan Pemilihan Suara Ulang (PSU),” terangnya.

Selain surat suara, KPU Kabupaten Mojokerto juga sudah menerima kedatangan kotak suara sebanyak 2.084 dan bilik suara serta tinta dan segel.

“Untuk APD ada 24 item, yang sudah datang sudah 11 item. Sementara yang belum datang ada baju hasmat, termogan dan sarung tangan latex,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk proses penyortiran dan pelipatan sebanyak 50 pekerja harian lepas akan dilibatkan yang akan dilaksanakan pada Kamis (26/11).

“Itu kita asumsikan 4 hari selesai. Untuk yang rusak kita akan buatkan berita acara dan kita siapkan pengganti,” tandasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments