Sabtu, April 27, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBupati Sidoarjo Tinjau Inovasi Pelayanan Publik Berbasis IT Polresta Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Tinjau Inovasi Pelayanan Publik Berbasis IT Polresta Sidoarjo

SIDOARJO, Xtimenews.com – Dua inovasi pelayanan publik Polresta Sidoarjo yang telah dilaunching 4 Desember 2018 lalu, yakni Smart Driving Test dan Jenguk Nyaman, Senin (4/11/2019) pagi, ditinjau Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Saiful Illah, mencoba langsung uji praktik SIM dengan metode
Sidoarjo Smart Driving Test (SSDT) yang menggunakan 29 sensor ultrasonik, serta sensor suara pada lokasi ujian praktik yang bekerja memantulkan suara kendaraan atau benda yang melintas melebihi garis akan menghasilkan suara.

“Kami mengapresiasi inovasi publik Smart Driving Test dalam pengurusan SIM di Polresta Sidoarjo, karena lebih transparan dan lebih valid sebab kesalahan kita dalam ujian praktik telah terdeteksi dengan sensor ultrasonik,” ujar Bupati Sidoarjo Saiful Illah.

Selain Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Usman juga turut mengapresiasi ketika melihat langsung bagaimana kinerja Sidoarjo Smart Driving Test (SSDT). Yang menurutnya sudah jauh lebih maju dan modern.

Inovasi publik berbasis IT yang kedua adalah jenguk nyaman. Ini diperuntukan bagi keluarga tahanan yang membesuk ke Polresta Sidoarjo. Layanan ini untuk mencegah atrean dan tidak tertibnya besuk tahanan.

Fasilitas keamanan di ruang pertemuan antara pembesuk dan tahanan Yakni terpasangnya CCTV dan diawasi langsung oleh petugas tahanan, adanya kaca tebal bertralis pemisah pembesuk dan tahanan. Sehingga mereka tidak dapat bersentuhuan langsung, namun tetap berkomunikasi melalui alat komunikasi tahanan dan pembesuk.

“Upaya pemberian fasilitas keamanan di ruang Jenguk Nyaman Polresta Sidoarjo ini sebagai langkah mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam sel tahanan, seperti narkoba, miras, senjata tajam, korek api, rokok, hand phone, botol minuman, uang dan barang terlarang lainnya,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho.

Fasilitas bagi disabilitas, ruang tunggu ber-AC, tempat bermain anak, ruang menyusui, loker penyimpanan, ruang ber-AC, ruang merokok, mesin Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan beberapa fasilitas pendukung kenyamanan bagi pembesuk tahanan. (ain/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments