Jumat, Mei 17, 2024
BerandaPemerintahanTingkatkan Kapasitas SDM Personil Damkar, BPBD Datangkan Pelatih Bersertifikat Internasional

Tingkatkan Kapasitas SDM Personil Damkar, BPBD Datangkan Pelatih Bersertifikat Internasional

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengadakan pelatihan personil pemadam kebakaran (damkar). Itu dilakukan guna peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) personil damkar. Pelatihan digelar selama empat hari kedepan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto Mohammad Zaini mengatakan, pelatihan meliputi pengenalan alat yang digunakan saat melakukan pemadaman.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM para personil damkar,” ungkapnya, Sabtu (26/10/2019).

Selain itu agar para personil damkar menjadi terlatih dan profesional dalam menggunakan peralatan pemadaman lebih cepat tepat dan tanggap. Terutama anggota anggota yang baru direkrut beberapa bulan lalu. Pelatih didatangkan dari Batu yang memiliki sertifikat internasional.

Mohammad Zaini berharap dengan pelatihan tersebut kedepan tim damkar BPBD Kabupaten Mojokerto dalam menjalankan tugas lebih profesional.

“Karena alat-alat damkar yang kita milik sudah banyak yang diperbaharui dan lebih canggih,” katanya.

Termasuk dua unit mobil damkar dengan daya tampung air hingga 5500 liter. Menurutnya, jika tidak didukung peningkatan kapasitas SDM maka tidak akan mampu melaksanakan tugas. Sehingga pelatihan tersebut dinilai perlu dilakukan.

“Agar tim kami saat di lapangan bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan melayani masyarakat sesuai protap yang sudah ada. Serta lebih profesional dalam menggunakan peralatan pemadam saat di lokasi kejadian kebakaran,” tandasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments