Senin, April 29, 2024
BerandaIndexHeadlineTanggul Putus, 100 Hektar Persawahan Terendam Air

Tanggul Putus, 100 Hektar Persawahan Terendam Air

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Hujan yang mengguyur wilayah kabupaten Mojokerto, pada Minggu (28/04/2019) mengakibatkan tanggul sungai Sadar di Dusun Sumemi Desa Kebondalem Kecamatan Mojosari Kabupeten Mojokerto, putus sepajang 25 meter dihantam arus air sungai.

Akibat jebolnya tanggul tersebut, sekitar 100 hektar sawah di desa Modopuro, Desa Kebondalem dan Desa Kedung Gempol terendam dengan ketinggian air antara 50 sentimeter hingga satu meter. Air juga nyaris mengenai rumah warga Dusun Sumemi.

Relawan ISM saat dilokasi tanggul putus.(Deni Lukmantara/xtimenews)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Moch Zaini mengatakan, putusnya tanggul dikarenakan, Intensitas curah hujan yang cukup tinggi hingga mengakibatkan debit aliran arus sungai Sadar yang berada di Desa Kebondalem Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto semakin tinggi.

“Putusnya tanggul ini sekitar 20 meter, yang dampaknya persawahan di tiga desa teredam air,” kata Zaini, Senin (29/04/2019).

Dia menambahkan, akibat putusnya tanggul ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak P31K dan BBWS untuk melakukan perbaikan.

“Kami sudah koordinasi dan akan segera kami lakukan penanganan hari ini juga, mumpung debit airnya belum terlalu tinggi sehingga perbaikan tidak mengalami kesulitan,” tandasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments