Sabtu, Maret 2, 2024
BerandaIndexPeristiwaBhakti Sosial Pengobatan Gratis Sebagai Langkah Konkrit Pelayanan Kesehatan

Bhakti Sosial Pengobatan Gratis Sebagai Langkah Konkrit Pelayanan Kesehatan

KOTA PALU, Xtimenews.com – Sekitar 450 orang warga masyarakat dari beberapa pelosok desa di Kabupaten Sigi khususnya yang bermukim di sekitar kompleks Markas Komando Polres Sigi di Desa Maku Kecamatan Dolo, belum lama ini, tumpah ruah, berbondong-bondong datang ke Aula Polres Sigi guna memeriksakan kesehatan yang pelayanannya dilakukan Polres Sigi Kerjasama Biddokkes secara gratis.

Diantara warga, ada yang datang dengan memboyong anak laki-lakinya berusia sekitar 5 sampai 8 tahun guna mengikuti khitanan massal. Khusus bagi warga masyarakat dari kecamatan Biromaru, kehadirannya diantar langsung Kapolsek Biromaru AKP Henry Burhanuddin.

Kegiatan bhakti sosial pemberian pelayanan kesehatan dan khitanan massal secara gratis bagi warga masyarakat Sigi tersebut dilaksanakan atas kerjasama Biddokkes Polda Sulteng dengan Polres Sigi. “untuk kegiatan khitanan massal diikuti tidak kurang dari 100 anak, “kata Kasubbaghumas Bagops Polres Sigi Iptu Fery Hariyanto.

Kegiatan bahkti sosial ini dibuka Wakapolda Sulteng Kombes Pol. Drs. Setyo Boedi Moempuni Harso, SH, M.Hum. Turut hadir Direskrimum Polda Sulteng Kombes Pol. Diki Budiman, SIK, MH, Diresnarkoba Polda Sulteng Kombes Pol. Sigit Kusmardjoko, Kabiddokkes Polda Sulteng dr. Is Sarifin, Sp.B, Kabid TI Polri Polda Sulteng AKBP Moch. Hritsuddin, AMD, serta Pengurus Bhayangkari Daerah Sulteng.

Dalam sambutannya, Wakapolda Sulteng mengatakan, pelaksanaan pemberian pelayanan kesehatan secara gratis ini guna membantu meringankan beban warga masyarakat yang kurang mampu, terutama bagi warga masyarakat yang menjadi korban bencana alam gempa, tsunami dan likuifaksi yang terjadi pada 28 September 2018 lalu didaerah ini.

Melalui kegiatan ini, diharapkan akan terjalin hubungan silaturrahmi antara aparat Kepolisian dengan warga masyarakat setempat sehingga dapat bersinergi dalam menjaga kondisi Kamtibmas agar tetap kondusif, utamanya dalam mengawal pesta demokrasi Pemilu 2019.

“diharapkan melalui kegiatan bhakti sosial ini, sinergitas antara aparat Kepolisian dengan warga masyarakat setempat dapat terjalin dengan baik sehingga dapat berperan aktif mendukung Polri dalam Ops Satgas Nusantara demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang,“ jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, ST, SH, MH, mengatakan, pelayanan kesehatan yang dberikan secara gratis kepada warga masyarakat tersebut meliputi pemeriksaan dan pengobatan umum, pengobatan THT, pengobatan gigi dan pelayanan KB serta khitanan massal.

“semua bentuk pelayanan kesehatan ini gratis, tanpa bayaran,“ kata Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sigi memberi pesan-pesan kamtibmas kepada warga kiranya dapat berpartisipasi dalam menjaga dan memelihara kamtibmas dilingkungan masing-masing. Warga juga diminta untuk tidak menyebarkan berita bohong atau hoax yang bisa mengganggu situasi dan kondisi Kamtibmas.

“Mari kita jaga kondisi kamtibmas agar tetap kondusif utamanya menjelang pelaksanaan pemilu agar bisa berjalan aman, damai dan sukses,” katanya.

Salah seorang warga masyarakat yang ikut dalam pengobatan ini menyatakan rasa bangga dan syukurnya kepada Polres Sigi yang telah membantu meringankan beban warga masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Ia sebut, masih banyak warga sekarang ini menderita berbagai penyakit namun sulit memeriksakan dirinya karena kondisi ekonomi yang masih menjepit, apalagi belum lama ini dilanda bencana alam. Ia pun berharap kegiatan seperti ini bisa berlanjut guna membantu warga yang menderita sakit.

“Kami bersyukur dan berterimakasih kepada Polres Sigi yang sudah memberi pelayanan kesehatan secara gratis. Semoga kedepan kegiatan pemberian pelayanan kesehatan secara gratis ini bisa tetap berlanjut karena sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat, utamanya bagi warga yang kurang mampu,” harapnya.-(HM.Basri/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments