Kamis, Februari 22, 2024
BerandaIndexPeristiwaKapolda Sulteng Brigjen Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, Kunjungi Tokoh Agama

Kapolda Sulteng Brigjen Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, Kunjungi Tokoh Agama

SULTENG, Xtimenews.com – Mengawali pelaksanaan tugasnya sebagai Kapolda Sulteng yang baru, Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, MSi, melakukan kunjungan silaturrahmi kepada beberapa tokoh agama dan ulama di Kota Palu, pada Sabtu (26/01/2019). Dalam kunjungan ini, Kapolda Sulteng didampingi Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Heri Murwanto, SST.MK, serta wakil Dirbinmas Polda Sulteng AKBP Sirajuddin Ramly, SH.

Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kapolda Kaltim, ditunjuk menjadi Kapolda Sulteng sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/188/I/Kep/2019, tgl 22 Januari 2019, menggantikan Brigjen Pol. Drs. Ermi Widyatno, MM, yang mendapat tugas baru sebagai Karobinopsnal Baharkam Polri.

Tokoh atau pemuka agama yang pertama dikunjungi secara marathon pada hari itu adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin, Mag. Kapolda tiba dirumah mantan Rektor IAIN Palu di jalan Pue Bongo Kelurahan Boyaoge Palu sekitar pukul 16.00 wita, ba’da Asyar, dijemput langsung tuan rumah bersama isteri. Percakapan dan jalinan silaturrahmi berjalan lancar penuh rasa kekeluargaan diselingi gelak tawa.

Menjelang pukul 17.00 wita, Kapolda melakukan kunjungan ke tempat kediaman seorang tokoh agama Islam kharismatik Habib Assegaf Al Jufrie, Ketua Utama Pengurus Besar Al-Khairaat Palu di jalan Mangga Kota Palu. Pertemuan Kapolda dengan tokoh agama paling berpengaruh di Sulteng ini juga berlangsung cukup ramah, bahkan diselingi dengan acara minum teh dengan Ketua PB Alkhairaat Plu, Imam Besar Masjid Jami Darussalam, dan berkunjung ke Ta’mir Masjid Jami.

Foto bersama dengan para tokoh agama Sulteng(Basri/ Xtimenews)

Usai pamit dari kediaman Ketua Utama PB. Alkhairaat, sekitar pukul 18.00 wita Kapolda beranjak ke masjid Raya Lolu. Selain untuk melakukan shalat magrip, sekaligus menemui Imam Besar Masjid Raya Lolu Dr. H. Husen Habibu bersama beberapa tokoh agama Islam guna melakukan silaturrahmi.

Pertemuan dengan Imam Besar Masjid Raya Lolu bersama tokoh agama juga berlangsung akrab penuh rasa kekeluargaan. Usai bersilaturrahmi dengan imam besar masjid Raya Lolu, sekitar pukul 19.00 wita, Kapolda bersama rombongan menuju Masjid Jami jalan H. Agus Salim di Kelurahan Baru Palu Barat. Usai melakukan shalat Isya secara berjamaah, Kapolda juga melakukan silaturrahmi dengan Ta’mir masjid Jami Kelurahan Baru bersama beberapa tokoh agama lainnya.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Heri Murwono mengatakan, dalam kunjungan silaturrahmi tersebut. selain pamit untuk memimpin jajaran Polda Sulteng, Kapolda juga meminta dukungan para tokoh/pemuka agama Islam kiranya dapat berperan dalam upaya menciptakan kondisi aman dan damai di daerah Sulteng. Sebaliknya, para tokoh dan pemuka agama Islam yang dikunjungi sepakat dan sangat mendukung upaya Polda Sulteng dalam memberantas aksi teror serta mencegah tumbuhnya paham dan gerakan radikalisme di daerah ini.

“Kunjungan silaturrahmi Kapolda Sulteng kepada tokoh/pemuka agama sebagai awal pelaksanaan tugasnya, mengisyaratkan betapa beliau sangat menghargai keberadaan tokoh agama serta memahami perannya ditengah masyarakat,“ katanya.(Bas/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments