Sabtu, April 27, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPolisi Mojokerto Jamu Ratusan Mahasiswa HMI Sulawesi Pakai Jurus Majapahit

Polisi Mojokerto Jamu Ratusan Mahasiswa HMI Sulawesi Pakai Jurus Majapahit

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Menjelang pelaksanaan Kongres XXXI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Gedung Islamic Centre Surabaya, yang digelar pada Selasa (23/3/2021) malam, ratusan mahasiswa HMI asal Sulawesi mendapatkan jamuan dari Kepolisian resort Mojokerto.

Sejak kedatangannya di Jawa Timur rombongan mahasiswa yang turun dari Kapal Motor (KM) Sinabung ini jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan orang. Mereka berasal dari berbagai provinsi di wilayah Sulawesi dan hendak mengikuti kongres ke-31 HMI yang berlangsung di Surabaya.

Mereka difasilitasi kendaraan berupa armada bus untuk dibawa ke tempat tujuan serta menyediakan tempat tinggal salah satunya di asrama sekolah polisi negara (SPN) yang berlokasi di Mojokerto.

Dari data yang diterima sebanyak 175 mahasiswa HMI asal Sulawesi yang terdiri dari 151 laki-laki dan 24 perempuan singgah di SPN Polda Jatim di Jalan raya Bangsal Desa Puloniti Kecamatan Bangsal.

Sampai di SPN Polda Jatim pada Sabtu (20/3/2021) ratusan mahasiswa langsung disambut oleh tenaga kesehatan untuk dilakukan tes swab antigen. Empat barak di SPN Polda Jatim dijadikan tempat tidur mereka selama singgah di Mojokerto.

Keesokan harinya pada Minggu (21/3/2021) ratusan mahasiswa HMI asal Sulawesi yang singgah di SPN Polda Jatim itu diberikan arahan langsung oleh Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander.

Setelah berbincang dengan Kapolres Mojokerto dan para perwira polisi, ratusan mahasiswa itu diajak berkeliling ke situs-situs Majapahit bersejarah yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Bak raja Majapahit bersama para prajurit yang akan berangkat perang, dengan membawa 5 bus dinas SPN Polda Jatim, mereka diajak langsung oleh Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander berkeliling situs Majapahit yang ada di Kecamatan Trowulan diantaranya situs Candi brahu dan budha tidur.

“Itu adalah bentuk layanan Polri dengan pengamanan dan juga pendekatan secara humanis kepada adik-adik mahasiswa HMI asal Sulawesi yang sangat luar biasa,” kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Tak hanya itu para mahasiswa itu juga diajak makan malam di salah satu hotel ternama di wilayah Kecamatan Trawas Mojokerto, yakni hotel grand whiz.

Acara ini disebut malam akrab, mereka diajak makan bersama serta berdiskusi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Salah satu perwakilan mahasiswa asal Sulawesi mengapresiasi jamuan yang sudah diberikan oleh Polisi di Mojokerto. Mereka mengucapkan banyak terimakasih atas fasilitas yang sudah diberikan selama ada di wilayah Jawa Timur.

“Kami dari kader HMI cabang se Sulawesi Tenggara mengucapkan terimakasih kepada Polda Jatim kususnya di wilayah Mojokerto yang sudah memberikan fasilitas yang sangat baik dan terimakasih sudah mengajak berkeliling wilayah Mojokerto,” tandas mahasiswa perempuan asal Sulawesi Tenggara.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments