Senin, April 29, 2024
BerandaPemerintahanCorona Tak Surutkan Pangan, Bahkan Pemkab Mojokerto Surplus Beras 78.185 Ton

Corona Tak Surutkan Pangan, Bahkan Pemkab Mojokerto Surplus Beras 78.185 Ton

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Wabah corona tak menghentikan para petani di Kabupaten Mojokerto untuk turun ke sawah guna memenuhi stok pangan. Bahkan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mojokerto mencatatkan surplus sekitar 78.185 ton beras pada masa panen April 2020.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Teguh Gunarko, menjelaskan stock persediaan beras di Kabupaten Mojokerto sebagai bahan pangan pokok utama sangat cukup, dari luas tanam padi sekitar 54.140 hektare yang sudah dipanen mencapai 14.500 hektar.

Dari serapan 351.369 ton gabah kering panen (GKP) setelah diproduksi menjadi beras sekitar 203.579 ton beras. Sedangkan, konsumsi beras masyarakat Kabupaten Mojokerto mencapai 125.394 ton.

“Kebutuhan yang diperlukan yaitu 125.394 ton jika dikonversi maka kita surplus sekitar 78.185 ton beras yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Mojokerto selama lima bulan ke depan,” kata Teguh Gunarko, Selasa (21/4/2020).

Teguh mengatakan Dinas Pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mojokerto akan menstimulasi para petani untuk terus meningkatkan hasil produksi beras. Pemerintah pusat juga sudah memberikan bantuan berupa bantuan bibit unggul kepada Pemkab Mojokerto sebanyak 4.000 hektare.

“Bantuan dari pemerintah pusat ini diberikan dalam bentuk benih bukan Cas Money,” jelasnya.

Ia menambahkan pihaknya akan memastikan ketersediaan pupuk untuk para petani selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Mojokerto. Dia juga memperhatikan jaringan saluran irigasi tersier di persawahan untuk menjaga produksi hasil pertanian.

“Jangan sampai padi semula bisa tanam dua sampai 3 kali hanya jaringan saluran irigasi tersier rusak akhirnya hanya bisa panen satu kali ini yang akan kita kejar luas area tanam kedepannya seperti itu,” ungkapnya.

Ia memastikan ketersediaan beras selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Mojokerto akan tercukupi sampai lima bulan kedepan, tidak hanya beras,kebutuhan pokok lain seperti jagung dan daging juga tercukupi.

“Komoditas seperti beras, jagung dan daging di Kabupaten Mojokerto kita pastikan aman,” pungkasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments