Minggu, April 28, 2024
BerandaPemerintahanPemkab Sidoarjo Hibur Masyarakat dengan Pagelaran Wayang Kulit

Pemkab Sidoarjo Hibur Masyarakat dengan Pagelaran Wayang Kulit

SIDOARJO, Xtimenews.com – Dalam rangka HUT Sidoarjo yang ke 161 Pemkab Sidoarjo selalu memanjakan warganya dengan Pagelaran wayang kulit yang berlangsung di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo pada Jum’at, (21/2/2020) malam.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Dalang kondang asal Surakarta Ki Anom Suroto bersama putra kandungnya Ki Bayu Aji selalu menjadi andalan warga Sidoarjo. Mereka siap memberi Suguhan wayang dengan lakon “Tumuruning Wahyu Keprabon”

Sebelum pagelaran wayang dimulai Wabup Cak Nur membuka secara langsung ditandai dengan penyerahan tokoh wayang gatotkoco kepada dalang Ki Bayu Aji. Wabup mengatakan dalam sambutannya.

“Memperingati hari jadi ke 161 tahun 2020 Kabupaten Sidoarjo, seperti tahun-tahun sebelumnya di pendopo selalu kita suguhkan pagelaran wayang kulit” ucap Cak Nur.

Dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Sidoarjo yakni, Kapolresta Sidoarjo, Sekda, DPRD, Kadin Dispenda, Kadin Dispora, Perwakilan Dandim, seluruh OPD, dan masyarakat yang sebagian datang dari luar Sidoarjo.

Dalam kesempatan ini, Wabup Cak Nur menyampaikan pagelaran wayang kulit tidak hanya menjadi hiburan semata. Ada teladan yang baik dari tokoh-tokoh pewayangan yang diceritakan oleh dalang. “Keteladanan yang baik penting untuk dianut. Panutan terhadap hal-hal yang baik akan menuntun seseorang untuk berbuat baik pula,” Pesannya.

Semakin malam, para penggemar wayang terus berdatangan. Mereka sangat antusias menikmati suguhan kearifan lokal budaya khas tanah air ini bab demi bab yang menceritakan tentang “Turunya wahyu kepemimpinan Kerajaan pringgodani”

Singkat Cerita, Ki Anom Suroto dan putranya Prasetyo Bayu Aji membawakan lakon secara bergantian yang menceritakan tentang dipilihnya Gatotkaca yang menjadi raja di Pringgodani. Gatotkaca yang notabene masih muda dipercaya memimpin sebuah kerajaan besar karena bersikap adil, bijaksana terhadap rakyatnya.

Hal itulah yang disampaikan Ki dalang Anom Suroto bahwa seorang pemimpin harus mempunyai sifat seperti Gatotkaca. Selain itu juga mengajak masyarakat Sidoarjo untuk ikut andil dalam memilih pemimpin dalam Pilkades serentak pada April mendatang dan ikut mensukseskan Pilkada Kabupaten Sidoarjo pada bulan September yang diharapkan bisa memilih pemimpin yang benar-benar membawa amanah rakyat Sidoarjo. (vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments