Jumat, Juni 14, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIDukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Kompak Bantu Petani Semprot Tanaman...

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Kompak Bantu Petani Semprot Tanaman Jagung

Mojokerto, Xtimenews.com – Sebagai upaya mendukung dan mensukseskan program pemerintah mewujudkan swasembada pangan, Babinsa sebagai garda terdepan Satuan Komando Kewilayahan melaksanakan tugas dan fungsi memberdayakan wilayah pertahanan pada aspek darat di desa binaan masing-masing tak terkecuali bidang ketahanan pangan.

Sebagaimana dilakukan Babinsa Desa Kedunglengkong Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815/Mojokerto Koptu Sunaryo bersama rekan Babinsa lainnya yakni Serka Putu Sudiana, Sertu Andang Wijaya dan Sertu Rudi Susanto kompak mendampingi dan membantu petani melakukan penyemprotan tanaman jagung, Senin (27/05/2024).

Disampaikan Serka Putu Sudiana, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, pendampingan ketahanan pangan ini berlokasi di lahan tanaman jagung milik Samsul Arifin (40) dengan luas lahan 0,4 hektare, jenis jagung Hibrida Bisi 18, Dusun Lengkong, Desa Kedunglengkong, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Lebih lanjut dijelaskan Serka Putu Sudiana, tujuan penyemprotan pupuk daun yang dilakukan Babinsa bersama petani untuk pertumbuhan tanaman, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit sehingga dapat mengurangi pemakaian pestisida dan lebih ramah terhadap lingkungan.

Penyemprotan ini merupakan bagian dari perawatan tanaman yang dilakukan paska tanam hingga menjelang panen sehingga diharapkan hasil panen lebih optimal. “Turun langsungnya para Babinsa ke sawah juga sebagai bentuk motivasi moril terhadap petani”, pungkas Serka Putu Sudiana.

Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Warudi, pada kesempatan berbeda, mengatakan, kegiatan pendampingan kepada petani ini dalam upaya penguatan ketahanan pangan di wilayah sesuai yang menjadi salah satu program prioritas TNI AD.

Tujuannya untuk mendukung ketahanan pangan nasional termasuk di wilayah Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815/Mojokerto. Kami (Koramil Dlanggu) akan terus mensuport para petani dan Poktan dalam mengolah lahan sehingga target swasembada pangan di wilayah Dlanggu dapat tercapai lebih maksimal. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments