Jumat, Mei 3, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBasmi Nyamuk DBD, Babinsa Koramil Dlanggu dan Kutorejo Bersama UPT Puskesmas Lakukan...

Basmi Nyamuk DBD, Babinsa Koramil Dlanggu dan Kutorejo Bersama UPT Puskesmas Lakukan Fogging

Mojokerto,Xtimenews.com – Pada musim hujan seperti saat ini populasi nyamuk aedes aegypti mengalami peningkatan, sehingga peningkatan perkembangbiakan nyamuk ini juga meningkatkan potensi penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Untuk mencegah meningkatnya perkembangbiakan sekaligus membasmi nyamuk aedes aegypti, Babinsa Punggul Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815/Mojokerto, Koptu A. Halimi bersama Bidan Desa, Ari Kusfarida, S.Keb., Petugas UPT Puskemas Dlanggu, dan perangkat desa melakukan fogging atau pengasapan di Dusun Sukosari, Desa Punggul Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (22/04/2024).

Babinsa Desa Punggul, Koptu A. Halimi saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan pengasapan atau fogging ini tidak lain untuk mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah dengue (DBD) pada musim penghujan, yang disinyalir mengalami peningkatan pada perkembangbiakannya.

Kegiatan pengasapan atau fooging yang dipantau langsung Kades Punggul, Roni Hidayat dan Kadus Sukasari Tatag Yudi, menyasar tempat-tempat yang disinyalir menjadi sarang dan perkembangbiakan nyamuk aedes aegipty, seperti selokan/parit, kebun kosong, pekarangan, dan rumah warga serta fasilitas umum lainnya. – Selain itu, masih kata Babinsa, pihaknya bersama petugas kesehatan tak bosan mengingatkan warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan disekitar rumah dan menghilangkan genangan air yang menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk aedes aegipty.

Tidak kalah penting, kita juga menghimbau kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan dan lakukan 3-M untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk demam berdarah dengan menguras tempat penampungan air, mengubur/mendaur ulang barang bekas dan menutup tempat penampungan air.

Masih di wilayah Mojokerto, kegiatan serupa juga berlangsung di wilayah Dusun Plososari Desa Kaligoro, Kecamatan Kutorejo, dengan dipandegani Babinsa Kaligoro Koramil 0815/13 Kutorejo Serka Abd Kholiq bersama Bhabinkamtibmas, Briptu Faizal, Bidan Desa, Ida Komaria, serta Petugas UPT Puskesmas Kutorejo. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments