Senin, April 15, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPolsek Jetis Pastikan Ketersediaan BBM Jelang Mudik Lebaran Tingkatkan Patroli ke SPBU

Polsek Jetis Pastikan Ketersediaan BBM Jelang Mudik Lebaran Tingkatkan Patroli ke SPBU

Mojokerto,Xtimenews.com – Polres Mojokerto Kota mulai mengecek stok bahan bakar minyak (BBM) dan akurasi takaran mesin pompa 3 SPBU. Pemeriksaan bakal digelar rutin untuk melindungi masyarakat dari kecurangan, terutama ketika arus mudik lebaran.

Pengecekan hari ini digelar Polsek Jetis, Polres Mojokerto Kota. Polisi menyasar 3 SPBU yang beroperasi di Kecamatan Jetis. Yaitu SPBU SPBU Perning, SPBU Kenongo, serta SPBU Ngabar.

Awalnya, polisi mengecek stok BBM. Kemudian petugas memeriksa ketepatan takaran pada masing-masing mesin pompa, serta kemungkinan BBM tercampur air. Hasilnya, semua mesin pompa SPBU berfungsi dengan takaran yang tepat.

“Untuk wilayah Polsek Jetis, belum kami temukan kecurangan takaran maupun BBM yang tercampur air. Selain itu, stok BBM di setiap SPBU juga aman,” terang Kapolsek Jetis Kompol Nanang Sujianto dalam rilis yang diterima detikJatim, Jumat (29/3/2024).

Pemeriksaan oleh Polsek Jetis merupakan langkah awal Polres Mojokerto Kota mengontrol semua SPBU di wilayah hukumnya. Menurut Nanang, pemeriksaan pompa bensin bakal digelar rutin.

Pengecekan ini untuk menjamin stok BBM aman, serta melindungi masyarakat dari kecurangan takaran, bahan bakar yang tercampur air, maupun pemalsuan BBM. Terlebih lagi selama arus mudik lebaran yang akan berlangsung akhir pekan depan.

Nanang pun mengimbau para pengusaha SPBU tidak mengutak-atik takaran di mesin pompa BBM, serta menjamin bahan bakar tidak tercampur air maupun kontaminasi lainnya.

“Kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, seperti penyegelan, pidana, hingga denda bagi SPBU yang ditemukan mencurangi meteran,” tegasnya.

Nanang menambahkan, pihaknya juga melakukan patroli dialogis terhadap semua SPBU di wilayahnya. Dialog menjadi strategi persuasif untuk mengajak para pengelola pompa bensin menghindari penimbunan BBM.”Patroli dialogis untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di SPBU, seperti penimbunan BBM atau antrean panjang yang berpotensi menimbulkan keributan,” tandasnya. (Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments