Minggu, April 28, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBabinsa Koramil 0815/15 Jatirejo Dampingi Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Polio Nasional Putaran...

Babinsa Koramil 0815/15 Jatirejo Dampingi Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Polio Nasional Putaran 2

Mojokerto,Xtimenews.com  – Babinsa Desa Baureno Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815/Mojokerto, Sertu Wahyudi bersama Kepala Sekolah MI Brawijaya, Taufik, S.Pd., para guru, mendampingi Bidan Desa memberikan Sub Pekan Imunisasi Polio Nasional Putaran 2 yang berlangsung di MI Brawijaya, Desa Baureno, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (19/02/2024).

Untuk diketahui bahwa pemberian vaksin polio tetes pada anak usia 0-7 tahun bertujuan untuk melindungi anak dari penyakit polio dan lumpuh layu.

Untuk pemberian vaksin Polio putaran ke-1 dimulai 15 Januari 2024 sedangkan untuk putaran ke-2 dilaksankan hari ini, Senin 19 Februari 2024, dengan interval waktu satu bulan.

Sebagai informasi Kemenkes RI menjelaskan, bahwa jenis vaksin imunisasi yang novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2). Vaksin baru nOPV2, menjadi upaya untuk menanggulangi KLB polio, terutama pada kasus polio tipe dua yang bermutasi (VDPV2).

Vaksin polio generasi baru, Novel Oral Polio Vaksin tipe 2 (nOPV2) menjadi upaya untuk menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat polio. Terutama pada kasus yang diketahui terinfeksi virus polio tipe dua yang bermutasi atau VDPV2.

Menurut keterangan Bidan Desa Lutfi Farida, A.Md.z Keb., imunisasi polio ini menyasar anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, sekalipun imunisasi anak itu sudah lengkap.

Babinsa Baureno, Sertu Wahyudi, menambahkan sasaran Sub Pekan Imunisasi Polio Nasional Putaran 2 kali ini diberikan pada siswa-siswi Kelas 1 dan 2 MI Brawijaya sejumlah 58 anak dengan rincian kelas 1 sebanyak 28 siswa dan kelas 2 sejumlah 30 siswa.

Dengan program pemerintah Pekan Imunisasi Polio Nasional ini, lanjutnya, harapan kita ke depan dapat mengurangi risiko penyebaran atau kejadian luar biasa (KLB) Polio. “Kami bersama Nakes menghimbau dan meminta warga harus tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)”, kata Sertu Wahyudi.

Sementara itu kegiatan serupa juga berlangsung di SDN Jembul, TK Dharma Pertiwi, dan Polindes Desa Jembul. TK PEMBINA 1, SDN Dinoyo 2, SDN Dinoyo 1 dan MI Desa Dinoyo, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.(Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments