Kamis, Mei 9, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKoramil Trawas, Bekali Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Koramil Trawas, Bekali Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Mojokerto,Xtimenews.com – Koramil 0815/17 Trawas Kodim 0815/Mojokerto memberikan pembekalan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi pelajar SMAN-1 Trawas yang berlangsung di Halaman SMAN-1 Trawas, Dusun Sendang, Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kali ini, Selasa (06/02/2024), Koramil 0815/17 Trawas menugaskan 2 Personel Babinsa untuk melaksanakan kegiatan P5 tersebut yakni, Sertu Kuswanto dan Serda Jhony Candra.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mencetak dan mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ber-Bhinneka global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.

Tampak dihadapan ratusan siswa Sertu Kuswanto memberikan penjelasan tentang Keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, ber-bhinneka global yaitu pelajar ditanamkan memiliki kesadaran dan rasa saling menghargai terhadap keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia maupun budaya dunia

Dijelaskan pula tentang gotong royong yakni gotong royong berasal dari kata gotong berarti bekerja dan royong berarti bersama. Gotong royong merupakan dan menjadi bagian dari budaya Bangsa Indonesia yang sudah mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat, dan semua daerah di Indonesia menanamkan nilai gotong royong.

Selanjutnya para siswa harus mampu mandiri, kreatif dan bernalar kritis artinya siswa harus mampu untuk berpikir secara logis dan sistematis ketika akan mengambil suatu keputusan maupun dalam menyelesaikan permasalahan tertentu.

Pantauan di lapangan usai pembekalan P5 dilanjutkan dengan latihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), yang bertujuan untuk menumbuhkan disiplin, semangat kebersamaan, meningkatkan daya konsentrasi, melatih solidaritas, dan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, serta tanggung jawab.

Masih pantauan di lapangan, selama berlangsungnya kegiatan P5 disaksikan langsung Kepala Sekolah SMAN 1 Trawas, Silfi Ariani, M.Pd., beserta guru pendamping. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments