Kamis, Juli 25, 2024
BerandaIndexPolitikPenguaatan Kapasitas dan Bimtek Saksi Parpol Pemilu 2024 Kecamatan Prajurit Kulon

Penguaatan Kapasitas dan Bimtek Saksi Parpol Pemilu 2024 Kecamatan Prajurit Kulon

Mojokerto,Xtimenews.com– Mendekati waktu pemilu Bawaslu Kota Mojokerto menggelar penguatan kapasitas dan Bimtek saksi parpol pemilu 2024 untuk wilayah Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, pada Rabu (7/2/2024), bertempat di Warung Surodinawan (WS) Kota Mojokero.

Kegitan tersebut dihadiri anggota Bawaslu dan saksi dari masing- masing partai politik.

Ilham Bagus Priminanda, S.Kom anggota Bawaslu Divisi hukum, pencegahan, partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat memjelaskan tentang hak saksi parpol, sistem pemilu, manajemen pemilu serta penegak hukum pemilu.

Selain itu, Ilham juga menjelaskan tugas dan tanggungjawab saksi partai politik diantaranya jaga pemilih, jaga TPS dan jaga suara.

“Serta kapasitas saksi yang perlu dimiliki yaitu mempunyai skill, knowladge serta attitude,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ilham juga menyampaikan jelang pungut pemilu merupakan puncak pemungutan suara. Saksi harus tahu prosedur dan prosesnya agar tidak terjadi kesalahan- kesalahan.

“Seperti potensi kerawanan di TPS, data pemilih tidak akurat, pemantau tidak boleh masuk dalam TPS, intimidasi dan kekerasan terhadap petugas maupun pemilih serta penyuapan kepada petugas dan pemilih serta petugas yang tidak netral,” beber Ilham.

Bawaslu berharap dengan Bimtek ini para saksi partai politik bisa menjalankan tugasnya dengan baik. “Supaya pelaksanaan pemilu 2024 berjalan dengan aman, damai dan kondusif,” ungkap Ilham.(Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments