Jumat, Juni 14, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIMitigasi Bencana Banjir, Kodim 0815/Mojokerto Gelar Karya Bakti Di Sungai Avur

Mitigasi Bencana Banjir, Kodim 0815/Mojokerto Gelar Karya Bakti Di Sungai Avur

Mojokerto Xtimenews. com– Dalam rangka pembinaan lingkungan hidup di wilayah teritorial, Kodim 0815/Mojokerto menggelar kegiatan Karya Bakti di Dusun Balongcangkring, Desa Jumeneng, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan yang menyasar pembersihan aliran Sungai Avur kali ini melibatkan puluhan personel diantaranya dari tim gabungan TNI-Polri (Posramil Mojoanyar dan Polsek), Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto, Relawan BPBD Kabupaten Mojokerto, Petugas BPP Kecamatan Mojoanyar, Tagana dan masyarakat sekitar.

Danpos Ramil Mojoanyar Letda Inf Sutopo mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Kodim 0815/Mojokerto melalui Pos Ramil Mojoanyar dalam mencegah sekaligus menjadi bagian mitigasi bencana banjir kiriman.

“Wilayah ini merupakan daerah rawan banjir ketika musim penghujan datang, oleh karena itu merupakan langkah yang baik untuk kita lakukan upaya tersebut dengan melakukan pembersihan di sepanjang aliran Sungai Avur”, terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga dapat memupuk semangat gotong royong dalam kebersamaan mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. “Kami juga tentunya bekerja sama dengan seluruh pihak untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya”, ujarnya.

Sementara itu, Kades Jumeneng Suhartono, S.E., mengapresiasi kegiatan yang berlangsung di wilayah desanya. Menurutnya, wilayah Desa Jumeneng berada di dataran rendah dengan status rawan banjir.

“Alhamdulillah Kodim 0815/mojokerto menjadi inisiator dalam pembersihan sungai Avur sehingga kami bersama warga sangat berterimakasih dengan kegiatan ini”, ungkapnya.

Ia berharap dalam kegiatan Karya Bakti ini tidak hanya dilakukan di Desa Jumeneng saja melainkan dilaksanakan juga di sepanjang Sungai Avur “Kendala yang kita hadapi saat ini adalah sampah dan tanaman Kangkung Rambat yang memenuhi permukaan air sungai, namun demikian kami lakukan pembersihan secara bergotong royong sehingga aliran sungai saat ini sudah bersih kembali”, tutupnya.

Pantauan di lokasi, sasaran kegiatan Pembersihan Aliran Sungai Afur dimulai dari Dusun Balongcangkring sampai dengan Dusun Kuripan Desa Jumeneng Kecamatan Mojoanyar.

Tampak hadir dalam kegiatan Pasi Ter Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Nuril Mustofa, dan Kapolsek Mojoanyar di wakili Kanit Sabhara Ipda Suyoto, S.H. (Pendim0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments