Sabtu, Juli 27, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIDanramil 0815/08 Dawarblandong Ajarkan Wasbang Siswa-Siswi MA Hasanuddin

Danramil 0815/08 Dawarblandong Ajarkan Wasbang Siswa-Siswi MA Hasanuddin

Mojokerto, Xtimenews. com – Kodim 0815/Mojokerto hingga kini terus berkontribusi dalam pendidikan karakter di sekolah yang berada di wilayah melalui Program Babinsa Masuk Sekolah.

Kali ini Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., bersama dua Babinsa membekali materi dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Madrasah Aliyah Hasanudin, Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (13/10/2023) sore.

Pembekalan materi Wasbang dan dasar PBB pada kegiatan LDKS ini merupakan upaya Koramil 0815/08 Dawarblandong dalam membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

Danramil Dawarblandong Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., disaksikan Kepala Sekolah MA Hasanuddin, Anwar Solikhin, saat memberikan materi dihadapan 45 siswa-siswi menjelaskan, NKRI berideologi Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita hidup disebuah tempat yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan merupakan Negeri Surga yang didambakan penduduk dunia”, terangnya.
Dijelaskannya, bahwa dalam Pancasila, Ibadah kita dijamin oleh Sila Pertama. HAM kita dijamin dengan Sila Kedua. Kerukunan kita dijamin oleh Sila Ketiga. Demokrasi kita dijamin oleh Sila Keempat, dan Sila Kelima menjamin bahwa semua warga negara diperlakukan secara adil.

Oleh karena itu, lanjutnya, kita patut bersyukur atas pemberian nikmat tersebut, dan kita harus merawatnya dengan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. “Bagaimana caranya, harus dimulai dari diri sendiri melalui penerapan kedisiplinan. Disiplin adalah melaksanakan sesuatu sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, dilaksanakan dengan tulus ikhlas, siapapun yang disiplin pasti akan berhasil”, jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapten Benny juga berpesan untuk mengutamakan moral dan etika dalam bersosialisasi dan berinteraksi, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. “Hormati orang tua dan para guru, hargai mereka bagaimana pun keadaannya, keberhasilan dan cita-cita kalian tergantung bagaimana kalian memperlakukan mereka”, pungkasnya. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments