Selasa, Juni 25, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPKKMB Unim, Danramil Bangsal Sampaikan Wasbang Bela Negara

PKKMB Unim, Danramil Bangsal Sampaikan Wasbang Bela Negara

Mojokerto,Xtimenews.com  – Danramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815 Mojokerto, Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Islam Majapahit (UNIM) Tahun Akademik 2023/2024.

Kegiatan bertema “‘Pembinaan Kehidupan Berbangsa, Bernegara Dan Pendidikan Bela Negara”, berlangsung di Gedung Graha Nuswantara Lantai Dua Universitas Islam Majapahit (UNIM), Jalan Raya Gayaman KM 2, Desa Gayaman, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (04/10/2023).

Usai menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dihadapan ratusan Mahasiswa Baru (PKKMB) Unim, Kapten Inf Heru Widodo saat megawali materinya, menyampaikan bahwa Negara Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan ras namun kita harus tetap satu yaitu Indonesia dengan 4 dasar yakni, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih lanjut Kapten Heru Widodo meminta para mahasiswa harus mengetahui dan memahami tentang wawasan kebangsaan yang harus dimaknai sebagai pemahaman mendalam mengenai identitas, sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang melekat dalam suatu bangsa. “Hal ini membutuhkan kesadaran akan persatuan, keragaman, dan tanggung jawab terhadap pembangunan negara”, pintanya.

Kapten Heru Widodo juga mengingatkan para mahasiswa, bahwa sebagai warga negara Indonesia wajib mengetahui dan memahami tentang Nilai Kebangsaan, yakni Pengorbanan, Kesederajatan dan Kekeluargaan. Sedangkan tujuan dari Wasbang yaitu untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rela berkorban demi keutuhan NKRI, mewujudkan bangsa yang kuat, rukun bersatu, berdaya saing tinggi, dan sejahtera.

Diakhir materinya Kapten Heru Widodo menjelaskan tentang Bela Negara, yaitu sikap dan perilaku warga Indonesia yang dijiwai kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Nampak hadir pada kegiatan, Danpos Ramil Mojoanyar diwakili Serka Suratin, Rektor Unim, Dr. H. Rahman Sidharta Arisandi, S.I.P., M.Si., Wakil Rektor Unim, Dr. Ainul Yakin, M.Pd, para Dosen Unim, angota Koramil 0815/10 Bangsal dan mahasiswa baru UNIM sebanyak 210 mahasiswa sebagai peserta. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments