Selasa, Juni 25, 2024
BerandaPemerintahanPJ Bupati Jombang Berangkatkan Kirap Pusaka dan Budaya Desa Cupak

PJ Bupati Jombang Berangkatkan Kirap Pusaka dan Budaya Desa Cupak

JOMBANG,Xtime news.com – Sebagai upaya melestarikan budaya leluhur, khususnya budaya Jawa, serta menumbuhkan dan menguatkan jati diri budaya yang ada di Desa Cupak, Kecamatan Ngusikan Pemerintahan Desa Cupak menggelar kegiatanKirab Pusaka dan Budaya Desa Cupak yang dipusatkan di Pendopo Wisata Religi, Gunung Pucangan pada Jumat (29/9/2023) siang.

Kegiatan yang juga bertujuan sebagai upaya promosi wisata budaya lokal ini diberangkatkan oleh Pj Bupati Jombang Sugiat, S.Sos, M.Psi.T,  yang hadir bersama istri Ibu Yayuk Sugiat didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, para Kepala OPD terkait, yang mengenakan pakaian Khas Jombang Deles. Hadir juga Camat Utara Brantas, Forkopimcam Kecamatan Ngusikan; Kepala Desa Cupak dan perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh adat Desa cupak, dan disaksikan warga masyarakat sekitar.

Pemberangkatan Kirab Pusaka dan Budaya Desa Cupak, yang Startnya dimulai dari depan Balai Desa Cupak, ditandai dengan Pecah Kendi oleh Pj Bupati Jombang. Selanjutnya Finish di Wisata Religi Gunung Pucangan.

Tiba digaris finish, acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Pusaka kepada Pj Bupati Jombang Sugiat dan Kepala Desa Cupak Winarsono. Selanjutnya diserahkan kepada abdi dalem gunung Pucangan Mbah Bawi. Kemudian dirangkai dengan prosesi tuang Air 7 Sumber oleh Sugiat Pj Bupati Jombang, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Drs. Purwanto MKP, Kepala DPMD Sholahuddin HS, Winarsono Kades Cupak, Camat Ngusikan, Danramil Kudu, Kapolsek Ngusikan, Adm KPH Mojokerto secara bersama sama. Dan disambung dengan persembahan Sendra Tari Kolosal yang dibawakan oleh masyarakat sekitar.

Sugiat Pj Bupati Jombang dalam sambutannya mengungkapkan atas nama pemerintah Kabupaten Jombang kami  bangga, dan terima kasih atas guyub rukunnya warga desa dalam merawat budaya tradisional.

“Kesan saya begitu masuk Desa ini luar biasa, antusias warga Desa Cupak yang luar biasa didalam melestarikan merawat dan mempertahankan budayanya. Kegiatan nguri uri budaya ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun, terlebih ini dilaksanakan didalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,” tuturnya yang mengaku baru kali pertama berkunjung ke Desa Cupak, Kecamatan Ngusikan.

“Semoga dengan Kirab Pusaka dan Budaya Desa ini dapat menambah semangat warga masyarakat dalam melestarikan budaya ditengah derasnya pengaruh budaya dari luar seiring globalisasi”, tandasnya.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk menggali potensi yang ada di Desa Cupak baik bidang ekonomi produktif, objek wisata desa, peternakan, pertanian, UMKM, serta partisipasi masyarakat untuk membangun sumber daya menuju, Desa Cupak yang maju, mandiri dan berbudaya.

“Saya sebagai Pj. Bupati Jombang yang baru, adalah sebagai pelayan dan pengayom masyarakat. Untuk itu mohon doa restunya agar saya dapat mengemban amanah dengan sebaik baiknya sebagaimana harapan masyarakat Kabupaten Jombang,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya Pj. Bupati Jombang Sugiat juga mengingatkan kepada masyarakat akan dampak bahaya yang ditimbulkan akibat kemarau yang sangat kering, yakni bahaya kebakaran hutan atau lahan. Untuk itu Pj Bupati Jombang mengajak masyarakat untuk menjaga dan mewaspadai agar hal tersebut tidak terjadi.

Selanjutnya acara yang ditutup dengan Doa tersebut, dilanjutkan dengan prosesi Purak Gunungan. Spontan doa hampir selesai, Warga langsung menyerbu gunungan sayur mayur dari hasil panen dan lain lain. Dalam sekejap gunungan hasil bumi ludes, dengan harapan masyarakat mendapatkan keberkahan dari kegiatan tersebut.( Arya )

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments