Minggu, September 8, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPantau PMK, Koramil 0815/06 Kemlagi Bareng Distan Gencar Lakukan Vaksinasi

Pantau PMK, Koramil 0815/06 Kemlagi Bareng Distan Gencar Lakukan Vaksinasi

Mojokerto, Xtimenews. com– Kodim 0815/Mojokerto terus melakukan sinergitas bersama pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto dan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mojokerto, dalam upaya pencegahan dan penanganan penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah Mojokerto Raya.

Kali ini, Kodim 0815/Mojokerto melalui Koramil 0815/06 Kemlagi bersama Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto melakukan upaya preventif dengan pemberian vaksin dan vitamin pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (22/08/2023).

Danramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815/Mojokerto Kapten Cba Khoirul Anam, S.Sos., menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pengentasan PMK di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Sinergitas terus kami lakukan di lapangan dengan melibatkan seluruh pihak terkait, para Babinsa kami di lapangan juga tidak pernah berhenti melakukan edukasi kepada para pemilik ternak untuk selalu menjaga dan merawat kebersihan ternak, kandang dan sekitarnya, serta alat peralatan atau prasarana lainnya”, jelas Danramil.

Namun demikian, lanjutnya, usaha tersebut tidak akan membuahkan hasil apabila tanpa peran aktif dan keterlibatan pemilik hewan ternak dalam upaya penanganan PMK. “Kami terus menghimbau kepada pemilik hewan ternak untuk segera melaporkan apabila ada gejala PMK pada hewan ternak mereka. Hal ini sebagai antisipasi penanganan yang lebih cepat dan terukur untuk mengambil langkah dan tindakan selanjutnya”, pungkasnya.

Pantauan di lokasi kegiatan vaksinasi ini dilakukan didua lokasi berbeda, yakni wilayah Desa Mojodadi dan Desa Kemlagi, bekerjasama dengan Koordinator PPL Distan Kecamatan Kemlagi Puji Hartati, S.P., beserta anggota dengan didampingi Babinsa Mojodadi Serka Kartono, dan Babinsa Kemlagi Pelda Dwi Prahmono.

Tercatat dalam vaksinasi ini sejumlah hewan ternak sapi yang berhasil divaksin tim kesehatan hewan dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kemlagi, sebanyak 107 ekor dengan rincian, 40 ekor di wilayah Desa Mojodadi dan 67 ekor di wilayah Desa Kemlagi. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments