Jumat, Juli 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIJelang HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Kodim 0815/Mojokerto Latih Paskibra

Jelang HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Kodim 0815/Mojokerto Latih Paskibra

Mojokerto, Xtimenews. com – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, pemerintah akan melaksanakan serangkaian kegiatan yang digelar pada Agustus 2023. Tak jauh berbeda dengan Pemerintah Pusat, kegiatan ini pun tentunya akan berlangsung di daerah-daerah seluruh wilayah Indonesia.

Tak terkecuali di Mojokerto Raya, berbagai langkah persiapan telah dilakukan pemerintah daerah dalam menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan RI ini, baik Pemkab maupun Pemkot, terutama penyiapan dan kesiapan pasukan pengibar bendera (Paskibra/Paskibraka).

Di Kota Mojokerto, kegiatan latihan Calon Paskibra yang berlangsung di Alun Alun Wiraraja ini tak lepas dari peran Kodim 0815/Mojokerto yang bertugas melatih bersama Polres Mojokerto Kota, serta Pemkot Mojokerto sendiri yang juga menggandeng para Purna Paskibraka.

Tim Pelatih dari Kodim 0815/Mojokerto, Serka I Made Arwana Baminpers Staf Personalia Kodim 0815/Mojokerto saat ditemui disela-sela latihan, Selasa (08/08/2023) menjelaskan, pelatihan kepada para calon Paskibraka ini diberikan setelah melalui seleksi kepada calon paskibra dari berbagai sekolah khususnya SMA dan sederajat di wilayah Kota Mojokerto.

Dijelaskannya, latihan ini sejatinya telah berlangsung sejak Senin (07/08). “Latihan ini pada dasarnya untuk membina mental dan fisik sekaligus mempersiapkan diri para calon Paskibra dalam mengemban tugas mengibarkan bendera pada tanggal 17 Agustus 2023 nanti”, jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, mereka sebagai penentu suksesnya Upacara Bendera Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI nanti, mereka harus lebih semangat, serius dan menanamkan rasa kebanggaan serta menjadikan ini sebagai momentum dalam kehidupan mereka. “Ini adalah sebuah kehormatan, dan tidak semua pelajar dapat berkesempatan menjadi pengibar bendera di hari yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia”, pungkasnya.

Pantauan di lapangan, terlihat 75 pelajar calon pengibar bendera dengan penuh semangat sedang latihan formasi pengibaran bendera disaksikan para pelatih dan pembina Purna Paskibraka, serta dipantau Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Cba Khoirul Anam, S.Sos., yang akan bertugas sebagai Komandan Upacara pada Upacara Pengibaran Bendera Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

Hadir juga pada sesi latihan ini, Perwira Penghubung Polres Mojokerto Kota Ipda Sugianto, S.H., Bamin Ops Kodim 0815/Mojokerto Sertu Wawan Eko Hari Purwanto, serta personel pendukung dari Koramil 0815/Prajurit Kulon dan Polres Mojokerto Kota.

Masih pantauan di lapangan, tampak Kasrem 082/CPYJ Letkol Inf Syarifuddin Liwang, S.I.P., didampingi Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Arh GN Putu Ardana, S.S., memantau langsung jalannya latihan Paskibraka. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments