Senin, Mei 27, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIMPLS SMAN 1 Dawarblandong, Danramil Sampaikan NKRI Negeri Surga Didambakan Penduduk Dunia

MPLS SMAN 1 Dawarblandong, Danramil Sampaikan NKRI Negeri Surga Didambakan Penduduk Dunia

Mojokerto, Xtimenews. com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru merupakan kegiatan rutin di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut peserta didik baru. MPLS ini merupakan sarana melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah.

Pantauan Tim Pendim 0815 di lapangan, Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Benny Irawan, A.Md, terjun langsung sebagai pemateri dalam kegiatan MPLS yang diselenggarakan pihak SMAN 1 Dawarblndong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (18/07/2023).

Dihadapan 324 siswa peserta didik baru, Kapten Benny menyajikan materi Wasbang serta memberi gambaran kepada para siswa bahwa kita hidup disebuah tempat yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan dan berideologikan Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. NKRI adalah negeri surga yang didambakan banyak penduduk dunia.

Lebih lanjut Kapten Beny menjelaskan, di dalam Pancasila, Ibadah kita dijamin oleh Sila Pertama. HAM kita, dijamin Sila Kedua. Kerukunan kita, dijamin Sila Ketiga, Demokrasi kita dijamin Sila Keempat, dan Sila Kelima menjamin bahwa semua warga negara diperlakukan secara adil.

Siapa yang menghormati dan menghargai orang tua (ibu dan bapak), Guru dan Ibu Pertiwi maka hidupnya pasti enak serta semua cita – citanya akan tercapai.

Danramil mengingatkan, salah satu kunci keberhasilan adalah disiplin. “Disiplin adalah melaksanakan sesuatu sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, dilaksanakan dengan tulus ikhlas. Siapapun yang disiplin pasti akan berhasil”, pungkas Kapten Benny.

Untuk membentuk sikap dan kedisiplinan, usai pembekalan materi Wasbang, para peserta didik baru juga dibekali materi dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Kedisiplinan oleh Bati Tuud Koramil Dawarblandong Peltu Bambang Adiatmoko beserta Babinsa.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Kepala Sekolah SMAN 1 Dawarblandong, Rino Indaru Kusweni, S.Pd., M.Pd., beserta para guru.

Masih di wilayah Dawarblandong, selain di SMAN 1 Dawarblandong, kegiatan serupa (Pembinaan Wasbang) juga dilakukan Danramil 0815/08 Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., di SMPN 2 Dawarblandong diikuti 135 siswa peserta didik baru, yang dilanjutkan dengan materi dasar PBB oleh Babinsa Koramil Dawarblandong. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments