Rabu, Juni 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRICegah Tangkal Radikal Dan Separatisme, Kodim 0815/Mojokerto Bina Komsos Komponen Masyarakat .

Cegah Tangkal Radikal Dan Separatisme, Kodim 0815/Mojokerto Bina Komsos Komponen Masyarakat .

Mojokerto, Xtimenews. com– Kodim 0815/Mojokerto menggelar kegiatan pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) di Ruang Data Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Jawa Timur Selasa (11/07/2023).
.
Kegiatan yang mengangkat tema “Ideologi Pancasila Sebagai Benteng Menangkal Dari Ancaman Radikalisme Dan Separatisme” kali ini dihadiri Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, serta Organisasi Masyarakat Banser wilayah Mojokerto Raya,
.
Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., saat mengawali sambutannya menyebutkan, kegiatan ini merupakan program pembinaan teritorial dengan menggunakan salah satu metode yakni metode Bintahwil dalam menyiapkan wilayah pertahanan dengan baik dan semaksimal mungkin.
.
“Pembinaan komunikasi sosial cegah tangkal Radikalisme Dan Separatisme harus terus menerus dilaksanakan agar dapat menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara”, ungkap Dandim.
.
Dandim 0815 melanjutkan tujuan dilaksanakan Kegiatan ini tidak lain sebagai upaya benteng pertahanan dalam menghadapi segala ancaman yang ada guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. “Dari sejarah kita bisa melihat bahwa yang paling efektif dan efisien ini menciptakan terorisme diawali dari paparan radikalisme yang ada disekitar kita, baik yang bergerak perorangan maupun berkelompok”, terang Dandim.
.
Sebelum menutup sambutannya, Dandim 0815/Mojokerto menegaskan, Ideologi Pancasila sudah final sebagai penangkal ancaman radikalisme dan separatisme. “Para pendahulu kita melahirkan Pancasila dan itu sudah yang terbaik untuk bangsa dan negara yang dapat mewadahi dan mengeratkan Bhineka Tunggal Ika”, pungkasnya.
.
Pada sesi berikutnya, penjabaran materi cegah tangkal radikalisme dan separatis secara mendalam dibawakan Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., sekaligus pemateri yang mengupas tentang Nasionalisme, Persatuan, Ancaman Militer maupun Non Militer, Media Sosial secara Global, Etika Moral dan Budaya serta tantangan bangsa era modern saat ini.
.
Pemberian souvernir dan sesi foto bersama menjadi penutup kegiatan, tampak pula hadir dalam acara tersebut, Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Arh GN Putu Ardhana, S.S., Pasi Ops Kodim 0815/Mojokerto Kapten Kav Rohyadi. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments