Minggu, Juni 16, 2024
BerandaIndexTNI & POLRITinjau Hanpangan, Tim Pusterad : Babinsa Inspiratif Kodim 0815/Mojokerto Luar Biasa

Tinjau Hanpangan, Tim Pusterad : Babinsa Inspiratif Kodim 0815/Mojokerto Luar Biasa

Mojokerto, Xtimenews. com– Memasuki hari ketiga dalam Kunjungan Kerja Tim Pusterad di wilayah Mojokerto, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., bersama Ketua Tim Pusterad Kasubditjemenorg Sdirsisment Pusterad Kolonel Arh Fachruddin Usuluddin, S.E, M.Han., melaksanakan kegiatan peninjauan Ketahanan Pangan (Hanpangan) di Desa Beratwetan, Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (06/07/2023).
.
Kedatangan tim rombongan ini mendapat sambutan langsung dari Forkopimcam Gedeg bersama Pemerintah Desa Beratwetan di rumah Bapak Mulyono tempat berlangsungnya paparan pembuatan pupuk organik.
.
Adalah Babinsa Beratwetan Koramil 0815/05 Gedeg Sertu Ahmad Abduh salah satu finalis Brawijaya Award Tahun 2023 yang menjadi Babinsa Inspiratif Kodim 0815/Mojokerto dihadapan Ketua Tim Pusterad memberikan paparan secara singkat terkait proses dan praktek pembuatan pupuk organik cair, serta pengecekan kandungan unsur pupuk cair.
.
Sertu Ahmad Abduh mengungkapkan, awalnya Ia tergugah membuat pupuk organik cair disaat para petani di wilayah desa binaannya merasakan kelangkaan dan mahalnya harga pupuk, sehingga ia berinisiatif membuat inovasi baru untuk mengatasi perihal tersebut.
.
“Metode yang kami lakukan adalah dengan penggunaan PSB (Photo Synthetic Bacteria), dimana Pupuk PSB kaya akan manfaat, mulai dari membantu tanaman untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tanaman dan dapat membantu tanaman memanfaatkan sinar matahari secara maksimal”, terang Babinsa.
.
Dalam prosesnya, masih lanjutnya, pupuk PSB (Photo Synthetic Bacteria) ini dapat membantu kebutuhan nitrogen untuk segala jenis tanaman, mengurangi Hydrogen Sulfida (H2S) di dalam tanah, dan untuk membantu akar tanaman dapat tumbuh dengan baik. “Penambahan suplemen atau nutrisi tersebut mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia hingga sampai 50%, dan secara tidak langsung sangat ramah lingkungan dan bisa mengurangi biaya produksi”, jelasnya.
.
Sementara itu, Ketua Tim Pusterad Kolonel Arh Fachruddin Usuluddin, S.E., M.Han., memberikan apresiasi luar biasa atas upaya yang telah dilakukan Babinsa Beratwetan Sertu Ahmad Abduh dalam mengatasi kesulitan warga desa binaannya.
.
Menurutnya, hal tersebut sangat positif dan inspiratif serta mencerminkan perwujudan 8 Wajib TNI dimana seorang Prajurit TNI harus dapat mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya. “Kami berharap dengan apa yang telah dilakukan Babinsa kami, dapat memberikan manfaat yang lebih untuk para petani, sehingga kesulitan yang dirasakan dapat teratasi”, ungkapnya bangga.
.
Pantauan di lokasi, dihadapan tim rombongan, tampak Babinsa Beratwetan Sertu Ahmad Abduh secara detil menjelaskan dan memperagakan mekanisme kerja pupuk organik cair.
.
Tampak hadir dalam kegiatan, Pasi Intel Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Prima Aditya Yanuarko, S.I.P., Pasiter Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Nuril Mustofa, Camat Gedeg M. Taufiqurrohman, S.TTP., M.M., Kapolsek Gedeg AKP Made Artajaya, S.Pd., Danramil 0815/05 Gedeg Lettu Inf Zainuddin Tallasa, Kades Beratwetan Hj. Sri Rahayu, dan petugas PPL Kecamatan Gedeg, Kenang, serta Kelompok Tani Gemah Ripah. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments