Rabu, Juni 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKunjungi Kodim 0815/Mojokerto, Tim Pusterad Berikan Bimnis & Sosialisasikan Manajemen Teritorial

Kunjungi Kodim 0815/Mojokerto, Tim Pusterad Berikan Bimnis & Sosialisasikan Manajemen Teritorial

Mojokerto, Xtimenews. com– Dalam rangka menyiapkan Satuan dan Prajurit TNI AD yang memiliki kemampuan Pembinaan Teritorial (Binter) secara profesional dan proporsional demi kepentingan Pertahanan Negara (Hanneg) di darat maupun dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat di wilayah penugasannya, Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimnis) dan Sosialisasi Manajemen Teritorial di Ruang Data Makodim 0815/Mojokerto, Jalan Majapahit Nomor 01, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (04/07/2023).

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., diwakili Kasdim Mayor Arh GN Putu Ardhana, S.S., menyambut dengan hangat kedatangan Tim Bimnis dan Sosialisasi Manajemen Teritorial dan menjelaskan secara singkat perkembangan manajemen teritorial yang telah berlangsung di Kodim 0815/Mojokerto.

“Saat ini kegiatan teritorial Kodim 0815/Mojokerto sudah sesuai dengan program dari komando atas, secara umum dapat dilaksanakan dengan baik, hal ini tidak terlepas dari adanya komunikasi, koordinasi dan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Kota Mojokerto hingga Pemerintah Kecamatan dan Desa”, terang Kasdim.

Dalam kesempatan tersebut Mayor Putu juga menjelaskan kegiatan yang telah berjalan dan sedang berlangsung diantaranya TMMD Reguler Ke-116 dan Program Bakti TNI Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang merupakan kerja sama antara Kodam V/Brawijaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik sehingga apa yang menjadi kekurangan ataupun temuan, kami mohon arahan dan bimbingan Ketua Tim sehingga ke depan kami bisa melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial dengan lebih baik”, ungkapnya.

Sementara itu Ketua Tim Bimnis dan Sosialisasi Manajemen Teritorial dari Pusterad, yakni Direktur Sistem dan Metode Kasubditbinjemenorg Kolonel Arh Fachruddin Usuluddin, S.E., M.Han., saat membacakan sambutan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., mengatakan, Pusterad adalah Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) yang berkedudukan langsung di bawah kasad, memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi teknis teritorial, serta membantu penyelenggaraan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI AD.

“Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Pusterad menyelenggarakan kegiatan pembinaan sistem dan metode pembinaan teritorial, pembinaan pendidikan dan latihan, pembinaan penelitian dan pengembangan serta pusat Informasi teritorial dalam rangka menyiapkan Satuan dan Prajurit TNI AD agar memiliki kemampuan melaksanakan Binter secara profesional dan proporsional”, terangnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjutnya, Pusterad membentuk tim yang akan memberikan bimbingan secara teknis tentang cara pembuatan produk-produk manajemen teritorial, agar dalam aplikasinya para peserta dapat menerapkan secara optimal sehingga kita memiliki aparat Komando Kewilayahan yang terampil, mahir dan menguasai dalam pembuatan produk-produk manajemen teritorial yang baik dan benar.

“Untuk mencapai kondisi yang diharapkan ini, maka ikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimnis) ini dengan sebaik-baiknya agar dalam pelaksanaan penyusunan serta pembuatan produk manajemen teritorial ke depan dapat berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang optimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, harapnya.

Dihadapan Para Perwira Staf dan Danramil jajaran serta Babinsa Kodim 0815/Mojokerto, Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., juga berpesan agar selalu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada 8 Wajib TNI untuk diaplikasikan di setiap menjalankan tugas di wilayah.

“Sebagai aparat komando kewilayahan harus memprioritaskan tugasnya serta mampu menjadi solusi di setiap permasalahan yang muncul di wilayah, jangan ragu berbuat untuk mengatasi kesulitan rakyat dan tetap memperhatikan norma serta aturan yang berlaku sesuai arahan Bapak Kasad, jadilah prajurit TNI Angkatan Darat yang mencintai dan dicintai rakyat hindari pelanggaran dan selalu berani berbuat untuk suatu kebaikan”, pungkasnya.

Pantauan di ruangan, seluruh peserta tampak antusias menerima pengarahan dan penjelasan kegiatan Bimnis dan sosialisasi manajemen teritorial dari pemateri. (Prndim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments