Jumat, Juli 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBentuk Karakter Siswa, Koramil Sooko Bekali Binwasbang

Bentuk Karakter Siswa, Koramil Sooko Bekali Binwasbang

Mojokerto, Xtimenews. com– Upacara bendera yang dilaksanakan ditiap-tiap instansi negara maupun pemerintah, termasuk di sekolah setiap hari Senin merupakan salah satu cara untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air, jiwa patriotisme, serta mengenang dan menghargai jasa–jasa para pahlawan.

Kegiatan (upacara bendera) ini juga dimaksudkan agar para pelajar sebagai generasi muda lebih disiplin, mengenal jati diri bangsa dan diharapkan menjadi generasi yang berkarakter dan berbudaya.

Untuk mencapai harapan yang sekaligus menjadi tujuan ini, pihak TNI utamanya Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), diantaranya Kodim 0815/Mojokerto melalui Koramil jajaran mengerahkan para Babinsa untuk melaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan (Binwasbang) dan kedisiplinan di sekolah-sekolah di wilayah teritorialnya.

Kegiatan Binwasbang ini salahsatunya dilaksanakan melalui upacara rutin setiap Senin, dengan cara menjadi pembina upacara dilanjutkan dengan pembekalan materi Wasbang dan pelatihan dasar peraturan baris berbaris (PBB). Dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Korwil Diknas dimasing-masing wilayah.

Seperti pada Senin (29/05/2023), Koramil 0815/03 Sooko melalui Babinsa Sooko Sertu Zulkifli dibantu Babinsa lainnya yakni Sertu Agus Sugihartono, melaksanakan Binwasbang bagi siswa-siswi SDN Sooko 2, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kegiatan diawali dengan Upacara Bendera dengan Pembina Upacara Sertu Agus Sugihartono, dilanjutkan pemberian materi dan pengarahan Wasbang.

Dihadapan 450 siswa, Sertu Agus Sugihartono menjelaskan tentang bagimana hidup disiplin, saling menghormati dan menghargai. Bqbinsa juga menekankan kepada para siswa, bahwa salah satu bentuk tanggungjawab pelajar adalah belajar dengan rajin dan tekun.

Lebih lanjut Sertu Agus Sugihartono, mengajak para siswa, bahwa sebagai warga negara Indonesia saling peduli terhadap NKRI serta harus mempunyai rasa memiliki terhadap NKRI. Tak sebatas itu, Sertu Agus Sugihartono juga menyampaikan agar para siswa senantiasa beretika terhadap orang tua dan guru.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Sooko 2, Abdul Hamid, S.Pd. usai kegiatan menyampiakan ucapan terima kasih kepada bapak-bapak TNI dari Koramil turut memberikan motivasi kepada para siswa untuk menjadi generasi muda bangsa yang berkualitas, berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

Masih di wilayah Mojokerto, kegiatan serupa juga berlangsung di SDN 1 Mojolebak, Desa Mojolebak, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, dengan Pembina Upacara Babinsa Koramil 0815/07 Jetis Serma Heri Sasmita, dilanjutkan Binwasbang dan materi PBB bagi 153 siswa-siswi.

Selain di wilayah Sooko, dan Jetis, kegiatan Binwasbang juga berlangsung di SMKN 1 Dlanggu. Di lokasi ini, Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Serka Putu Sudiana bersama satu Babinsa lainnya, mengajarkan materi dasar PBB. Kegiatan ini dipantau langsung Kasek SMKN 1 Dlanggu, dan Guru Pendamping. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments