Kamis, Februari 22, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIDiguyur Hujan Semalam, Koramil Sooko - Pos Mojoanyar Siagakan Babinsa Pantau Banjir

Diguyur Hujan Semalam, Koramil Sooko – Pos Mojoanyar Siagakan Babinsa Pantau Banjir

Mojokerto, Xtimenews. com – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Mojokerto pada Rabu (22/03/2023) sekira pukul 02.00 WIB dini hari hingga pagi, mengakibatkan beberapa sungai disejumlah wilayah meluap karena tak mampu menampung debit air.

Seperti di wilayah Kecamatan Sooko dan Kecamatan Mojoanyar, luapan air sungai tersebut tak hanya meluber menggenangi jalan desa namun sempat masuk ke pekarangan hingga pemukiman warga.

Mengetahui kejadian tersebut, Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815/Mojokerto melalui Babinsa Mojoranu Sertu Imam Mawardi bersama perangkat desa, siaga dan turun langsung ke lokasi memantau luapan sungai yang melintasi Dusun Karangkliwon, Desa Karangkedawang, yang berbatasan dengan Dusun/Desa Mojoanyar, Sooko.

Terpantau di wilayah ini, air meluap menggenangi jalan Dusun Mojoranu kurang lebih sepanjang 500 meter dengan ketinggian air sekitar 30 centimeter dan sebagian luapan air masuk menggenangi pekarangan hingga rumah warga dengan dengan ketinggian kurang lebih 20 centimeter. Selain jalan desa, sekitar 30 unit rumah warga sempat tergenang air.

Menurut Kasun Mojoranu, Iswahyudi, luapan air terjadi karena akibat sungai kecil di Dusun Karangkliwon, Desa Karangkedawang dan parit di sepanjang jalan desa yang berbatasan dengan Desa Mojoranu terlalu kecil sehingga tidak dapat menampung air. “Hal (luapan) air ini terjadi dikarenakan sempitnya saluran air dan kondisi jalan masih rendah, belum dicor”, ujarnya.

Di lokasi yang sama, Babinsa Mojoranu Sertu Imam Mawardi saat dikonfirmasi atas kejadian tersebut, mengatakan, hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi.

“Kami pihak Babinsa dari Koramil Sooko, bersama Pak Sekdes dan perangkat desa serta warga tetap siaga melakukan pemantauan situasi banjir dan patroli manakala ada warga yang membutuhkan pertolongan. Sekitar pukul 11.00 WIB tadi, air berangsur-angsur surut”, ucap Babinsa.

Sementara itu di wilayah Pos Ramil Mojoanyar, juga terjadi peningkatan debit air Sungai Bangsal yang menuju ke arah Desa Ngarjo dan Desa Sadartengah. Pun demikian Sungai Dusun Tambakrejo Desa Gayaman menuju ke wilayah Desa Gebangmalang dan Sungai Jabon menuju ke daerah Desa Gebangmalang Kecamatan Mojonyar dan Lingkungan Gunung Gedangan Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.

Babinsa Pos Mojoanyar Serka Moch. Ansor yang berada di lokasi mengatakan, genangan air meluber di Lingkungan Dusun Sadar Desa Sadartengah dan Dusun Grogolgede Desa Gebangmalang dengan ketinggian 25 centimeter hingga 50 centimeter. “Saat ini kondisi genangan air di rumah warga Dusun Grogolgede Desa Gebangmalang dan Desa Gayaman sudah berangsur–angsur surut”, ucap Serka Moch. Ansor.

Masih di wilayah Mojoanyar, luapan sungai kecil yang melintasi Dusun Ngumpak Desa Jabon, sempat menggenangi jalan lingkungan sepanjang 100 meter dengan ketinggian 10 centimeter, bahkan air juga sempat memasuki pekarangan rumah namun sebelum adzan duhur tadi, air sudah mulai surut. (Pendim 0815/Mjk/Titin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments