Minggu, Juni 16, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIUsaha Tak Khianati Hasil, Babinsa Koramil Gondang Dampingi Warga Panen Padi

Usaha Tak Khianati Hasil, Babinsa Koramil Gondang Dampingi Warga Panen Padi

Mojokerto, Xtimenews. com – Babinsa Bakalan Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815/Mojokerto Serda Trilaksono melakukan pendampingan dengan terjun langsung ke sawah membantu warga memanen padi di Dusun/Desa Bakalan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (21/03/2023).

Pendampingan panen padi ini dilakukan di lahan sawah seluas 4.000 meter² yang ditanami padi jenis Bramo, milik Ibu Sripah anggota Kelompok Tani (Poktan) Pendaringan Kebak, Dusun setempat.

Ia mengungkapkan, Babinsa turun langsung dalam upaya mendukung ketahanan pangan (Hanpangan) dan ikut membantu para petani sebagai bentuk semakin kokohnya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Pendampingan panen padi ini juga merupakan upaya untuk mempercepat masa panen padi yang dilakukan warga binaan saya disini”, ungkap Babinsa.

Dikatakannya, kegiatan ini tidak hanya dilakukan saat masa panen saja, namun, saat pengolahan lahan, penyemaian bibit, pemupukan hingga perawatan, Babinsa terus mendampingi. “Pendampingan ini terus kami lakukan untuk memotivasi para petani agar terus semangat dalam mengolah lahannya sehingga produksi panen lebih optimal”, tambahnya.

Sementara itu, Danramil 0815/18 Gondang Kapten Arh Suminto, saat dihubungi via WhatsApp membenarkan kegiatan yang dilakukan Babinsanya. “Ketahanan Pangan merupakan program pemerintah yang hingga saat ini masih terus dilakukan demi terwujudnya swasembada pangan secara mandiri”, terangnya.

Pihak TNI (Koramil), lanjutnya, akan terus berupaya secara maksimal bekerjasama dengan Kelompok Tani (Poktan) yang ada di wilayah, untuk memberikan pendampingan secara menyeluruh kepada para petani. ”Harapannya, cita-cita yang sudah digaungkan yakni swasembada pangan dapat tercapai, sehingga kesejahteraan masyarakat lebih meningkat”, harapnya.

Sebagai informasi, panen padi yang dilangsungkan di lahan milik Sripah oleh para petani dengan pendampingan Babinsa Bakalan Serda Trilaksono mampu menghasilkan gabah seberat 4.505 kilogram. (Pendim 0815/Mjk/Titin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments