Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKoramil Gondang Bareng Unsur Forkopimcam Berdayakan & Tingkatkan Kapasitas Satuan Linmas

Koramil Gondang Bareng Unsur Forkopimcam Berdayakan & Tingkatkan Kapasitas Satuan Linmas

Mojokerto, -Xtimenews. com  Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815/Mojokerto bersama dengan Pemerintah Kecamatan dan Polsek Gondang memberikan pembekalan dan pembinaan terhadap Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas), di Pendopo Kantor Kecamatan Gondang, Jalan Raya Gondang – Pacet Nomor 09, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (14/03/2023).

Gelaran kegiatan bertajuk “Pemberdayaan Perlindungan Masyarakat Dalam Rangka Keamanan dan Ketertiban Umum” , dibuka Camat Gondang yang diwakili Sekcam Poniman, S.Pd., M.M., serta dihadiri unsur Forkopimka dan diikuti 54 orang anggota Satlinmas dari 18 desa se-wilayah Kecamatan Gondang.

Pada kesempatan ini, Danramil 0815/18 Gondang Kapten Arh Suminto yang diwakili Bati Tuud Peltu Rudi Suhartono, mengingatkan kembali tentang kewajiban Satlinmas, diantaranya, menjunjung tinggi norma hukum, norma agama, hak asasi manusia, dan norma sosial lainnya yang hidup dan berkembang di masyarakat, serta mentaati disiplin dan berpegang teguh pada Sumpah Janji Satlinmas.

Tak sebatas itu, Peltu Rudi juga mengajak Satlinmas untuk meningkatkan kapasitasnya, khususnya terkait tugas dan peran Satlinmas, diantaranya, membantu menyelesaikan perselisihan warga masyarakat yang dapat mengganggu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, dan melaporkan secara berjenjang apabila ditemukan atau patut diduga adanya gangguan keamanan di lingkungan masyarakat. ”Seperti, mengajak semua komponen masyarakat termasuk perguruan Pencak Silat untuk selalu guyub dan rukun, peka dengan lingkungan utamanya hal-hal yang diluar kelaziman diantaranya faham radikal dan lainnya”, terang Peltu Rudi mencontohkan.

Peltu Rudi juga menegaskan, Satuan Linmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan khusus dalam kegiatan penanganan bencana, memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan, tentunya harus menjadi contoh bagi masyarakat, salah satunya tentang kedisiplinan.

”Untuk menunjang pelaksanaan tugas tersebut, maka setelah materi teori, seluruh anggota Satlinmas akan diingatkan kembali materi praktek PBB. Tak hanya sekedar merefresh, namun diawali dari PBB itulah kita bisa melatihkan dan membentuk kedisiplinan. Dan perlu diingat, kedisiplinan ini merupakan modal dasar yang harus dimiliki anggota Satlinmas”, tutupnya.

Sekedar informasi, selain dari Koramil 0815/18, pada kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari Polsek Gondang, yakni Kanit Patroli Iptu Suroto dengan materi Situasi Kamtibmas terkini, dan Kasi Trantib Kecamatan Gondang, Dwi Widodo, S.Pd., dengan materi Pentingnya Koordinasi Satlinmas dengan Tiga Pilar Desa Demi Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

  1. Terpantau usai pembekalan materi teori, tampak puluhan anggota Satuan Linmas dari se-wilayah Gondang ini menerima materi PBB yang dipandu oleh Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Serda Trilaksono dan Kanit Patroli Polsek Gondang Iptu Suroto.(Pendim 0815/Mjk/Titin)
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments