Jumat, Juli 19, 2024
BerandaIndexPimpin Upacara Bendera, Danramil Magersari Ingatkan Dampak Negatif Narkoba

Pimpin Upacara Bendera, Danramil Magersari Ingatkan Dampak Negatif Narkoba

Mojokerto, Xtimenews. com – Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin dan setiap tanggal 17 dalam setiap bulan merupakan sebagai salah satu sarana untuk mengingat sejarah perjuangan bangsa dan menumbuhkembangkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

Selain itu upacara merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, melalui momen upacara bendera, dapat mendorong tertanamnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air bagi para siswa.

Pantauan di lapangan kali ini, Senin (13/03/2023), Danramil 0815/19 Magersari Kodim 0815/Mojokerto, Kapten Inf Nono Sanyoto bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Bendera di SMAN 3 Kota Mojokerto, Jalan Pemuda No. 33 Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Dalam amanatnya Danramil menekankan kepada para siswa, bahwa sebagai bagian dari generasi muda penerus bangsa, seorang siswa atau pelajar harus mempunyai sikap disiplin, karena disiplin merupakan suatu sikap ketaatan, dan kepatuhan pada norma aturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan sekolah.

Lebih lanjut Danramil menjabarkan bahwa tanpa disiplin seseorang cenderung tidak teratur, kurang produktif dan tidak bisa diandalkan. Maka dari itu disiplin perlu diterapkan dalam setiap aspek kehidupan agar tercapai tujuan secara efektif dan efisien.

Diakhir amanatnya Danramil juga mengingatkan, seorang pelajar harus bisa menghindari pelanggaran terutama Narkoba, karena Narkoba merupakan musuh kita bersama, dampak Narkoba dapat mengganggu perkembangan otak, merusak kesehatan, mengakibatkan kecanduan, memicu perilaku berisiko dan pelanggaran hukum serta mempengaruhi masa depan.

Untuk menumbuhkan sikap disiplin, usai pelaksanakan upacara bendera para siswa dilatihkan gerakan–gerakan dasar PBB yang dipandu Pelda Samsul Huda dibantu anggota Babinsa lainnya. Dengan dilatihkan gerakan dasar PBB ini, diharapkan tak hanya menumbuhkan sikap disiplin, namun mampu menumbuhkan kebersamaan, kerja sama dan kekompakan dalam setiap kegiatan, serta melatih solidaritas dan rasa setia kawan diantara para siswa.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Mojokerto Ir. Drs. Samsul Muarifin, M.Mpd., mengucapkan terima kasih dan menyambut gembira dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan Wasbang yang dilaksanakan TNI khususnya Koramil Magersari. Kegiatan ini sangat positif untuk memberikan motivasi dan membentuk para siswa sebagai generasi muda bangsa yang berkualitas, berkarakter dan berwawasan kebangsaan”, ucapnya.

Sebagai informasi kegiatan serupa (Binwasbang) juga berlangsung di SDN Mojokusumo Desa Mojokusumo Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Usai upacara bendera dilaksanakan pemberian Wasbang oleh Babinsa Mojokusumo Serma Andrejas dengan materi dasar-dasar nilai Pancasila.

Pun demikian dengan Koramil 0815/08 Dawarblandong, yang mengerahkan para Babinsa untuk menjadi pembina upacara dan memberikan Wasbang serta kedisiplinan bagi murid–murid MI Tarbiyatul Desa Simongagrok oleh Babinsa setempat Serda Eko Budi Santoso, MTs Sunan Bonang Desa Bangeran oleh Koptu Didik Purnomo, MI Miftahul Huda Desa Pucuk oleh Sertu Sumarjono dan MI Nurul Ummah Desa Talunblandong oleh Peltu Bambang Adiatmoko. (Pendim 0815/Mjk/Titin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments