Rabu, Juni 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKenali Lebih Dekat TNI, Ratusan Anak KB - RA Manba'ul Ulum Kunjungi...

Kenali Lebih Dekat TNI, Ratusan Anak KB – RA Manba’ul Ulum Kunjungi Kodim Mojokerto

Mojokerto,Xtimenews.com – Markas Kodim 0815/Mojokerto Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Jawa Timur, menjadi sasaran kunjungan pendidikan ratusan Siswa/siswi Yayasan Islam Man’baul Ulum, Rabu (08/03/2023). Kegiatan outing class ini merupakan puncak tema profesi/pekerjaan di Lembaga Pendidikan Man’baul Ulum, yang menaungi Kelompok Bermain (KB) dan Roudhothul Athfal (RA).

Kehadiran 133 siswa-siswi KB dan RA Man’baul Ulum, Desa Japanan, Kecamatan Kemlagi yang dipimpin Kepala KB – RA beserta sejumlah guru pendamping, diterima Pgs. Perwira Seksi Personel Kodim 0815/Mojokerto Letda Inf Agus Riantono beserta Tim Instruktur.

Selama kunjungan pendidikan yang diliput Tim Penerangan Kodim (Pendim) 0815/Mojokerto ini, para siswa KB-RA Man’baul Ulum dipandu Tim Instruktur Lapangan dari Kodim 0815/Mojokerto Sertu Ja’ar Susianto dkk 5 orang. Ratusan siswa yang berusia antara 3 hingga 6 tahun ini, dikenalkan tentang Profesi TNI dan jenjang kepangkatan militer.

Terpantau, pada kegiatan ini, para siswa juga dikenalkan dengan Markas Kodim dan lingkungannya termasuk sarana prasarana yang ada dilingkup Markas Kodim. Untuk memompa semangat para siswa, Tim Instruktur juga mengenalkan yel-yel kepada para siswa. Tak sebatas itu, untuk menumbuhkan kekompakan dan kebersamaan serta nasionalisme, pada kesempatan ini, para siswa juga diajarkan permainan outbond untuk tingkatan anak-anak dan pemutaran film tentang Latihan TNI. Tampak anak-anak sangat antusias dan semangat saat mengikuti setiap tahapan kegiatan di Markas Kodim Mojokerto.

Sementara itu, Kepala KB – RA Man’baul Ulum Desa Japanan, Kemlagi, Siti Afifah Andriana, S.Pd., saat diwawancarai Tim Pendim 0815/Mojokerto, menuturkan, kunjungan pendidikan ke Markas Kodim Mojokerto ini agar anak didiknya mengenal profesi TNI khususnya Angkatan Darat yang ada di Mojokerto. ”Intinya untuk mempersiapkan peserta didiknya dalam menimba pengetahuan dasar sekaligus memperkuat karakter pada diri siswa melalui penanaman nilai kedisiplinan”, tuturnya.

Masih tuturnya, pihak sekolah ingin memperkenalkan seperti apa Tentara atau TNI itu, karena anak-anak juga kadang-kadang takut dengan TNI, karena pegang tembak (senjata). Dengan adanya kegiatan ini, sambungnya, anak-anak menjadi lebih berani (tidak takut lagi) dengan TNI. ”Melalui kegiatan ini anak-anak didik kami agar lebih berani, dan kedepannya tumbuh menjadi anak yang mandiri, tangkas dan terampil dalam bidang apapun, dan saya yakin diantara anak didik kami ini ada bahkan banyak yang bercita-cita menjadi TNI”, ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, pihaknya berharap dari TNI (Kodim) datang ke sekolah-sekolah memperkenalkan profesi TNI kepada anak-anak didik sehingga anak-anak itu lebih dekat, akrab, dan tidak ada rasa takut dengan TNI. ”Harapan kami ke depan setiap sekolah bisa berkunjung ke sini (Kodim) bukan hanya sekolah yang berada dalam naungan Satuan TNI”, pintanya.

Masih di lokasi kegiatan, Pgs. Pasi Pers Kodim 0815/Mojokerto Letda Inf Agus Riantono, saat dikonfirmasi, mengatakan, pihaknya sangat senang dan menyambut positif kegiatan kunjungan pendidikan dari KB – RA Man’baul Ulum. Pihaknya juga sangat terbuka dan siap menerima kunjungan edukasi dari Lembaga Pendidikan mulai tingkat KB/PAUD, TK/RA, SD/MI dan lainnya. ”Akan tetapi tentunya semua itu disesuaikan dengan jadwal kegiatan atau agenda Kodim, supaya tidak berbenturan sehingga kegiatan bisa dimaksimalkan, katanya.

”Pihak Kodim siap membantu pendidikan karakter bagi generasi muda dan ini harus dilakukan secara dini bagi peserta didik dari tingkatan usia dini hingga remaja. Melalui kunjungan edukasi ini, kita bisa tanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan cinta tanah air kepada anak-anak secara dini meskipun dalam bentuk contoh sederhana”, pungkasnya.(Pendim 0815/Mjk/Pra)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments