Selasa, Juni 25, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIOptimalkan Penanganan PMK Babinsa Koramil Kemlagi Bersama Petugas BPP Lakukan Vaksinasi PMK

Optimalkan Penanganan PMK Babinsa Koramil Kemlagi Bersama Petugas BPP Lakukan Vaksinasi PMK

Mojokerto,Xtimenews.com – Kodim 0815/Mojokerto melalui Koramil jajaran hingga saat ini bersama Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto masih terus berupaya mengoptimalkan pencegahan dan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kali ini, Kamis (09/03/2023), Koramil 0815/06 Kemlagi melalui para Babinsa melaksanakan pendampingan kepada Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kemlagi turun ke lapangan melakukan vaksinasi PMK yang berlangsung di 2 desa, yakni Desa Watesprojo dan Desa Kedungsari.

Sekedar informasi, pemberian vaksin ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada sapi atau hewan ternak lainnya, agar tidak terinfeksi penyakit kuku dan mulut (PMK) yang saat ini sedang menyerang hewan ternak khususnya sapi. Selain itu, pemberian vaksin ini juga diyakini mampu mencegah meluasnya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Saat dilokasi Babinsa Kedungsari Koramil 0815/06 Kemlagi Kopda Klapton Yus Tenis, mengatakan, sesuai data yang kami himpun untuk ternak sapi yang telah mendapat vaksin PMK di Desa Watesprojo sebanyak 18 ekor sapi yang tersebar di dua dusun, yaitu Dusun Kedungbulus dan Dusun Watespinggir, sedangkan di Desa Kedungsari tercatat 26 ekor sapi. ”Jadi untuk hewan ternak sapi yang divaksin hari ini ada 44 ekor”, terang Babinsa.

Pantauan di lapangan, penyuntikan Vaksin PMK ini dilakukan Petugas dari BPP Kecamatan Kemlagi yang dikoordinatori Puji Hartati, S.P., beserta 4 orang anggota. Selain Babinsa bersama PPL BPP, tampak pula dalam kegiatan ini, Kades Watesprojo Hj. Sukiyam, Bhabinkamtibmas Aipda Aries, Kaur Pemerintahan Nirval Widyari.

Sementara itu di lokasi lain, juga berlangsung kegiatan serupa yakni di wilayah Koramil 0815/18 Gondang, tepatnya di wilayah Desa Tawar. Di lokasi ini, Babinsa Tawar Sertu Rudy Agus Susanto, bersama PPL BPP Gondang melakukan pemberian vaksin PMK Tahap 3, dilanjutkan pemasangan eartag dan penyemprotan kandang dengan menggunakan disinfektan.

Terpantau, pada kegiatan ini, Petugas PPL yang didampingi Babinsa juga menyampaikan edukasi kepada warga tentang manfaat vaksin dan penandaan hewan ternak. Tak hanya itu, Petugas PPL dan Babinsa juga menghimbau para pemilik ternak untuk selalu menjaga kebersihan ternaknya, kandang dan sekitarnya, serta alat peralatan lainnya yang digunakan.

Masih di hari yang sama, kegiatan penanggulangan PMK juga dilakukan di wilayah Koramil 0815/14 Dlanggu, berupa Penandaan (Barcode), Pemberian Vitamin dan Suntik Vaksin terhadap hewan ternak (sapi). Kegiatan yang berlangsung di Dusun Plaosan, Desa Sambilawang, dilakukan Petugas PPL BPP Kecamatan Dlanggu, Nur Mujib beserta 3 orang, dengan didampingi Babinsa Sertu Rudi Hartono, Bhabinkamtibmas Aipda Maryudi, S.H., dan perangkat desa setempat.(Pendim 0815/Mjk/Titin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments