Rabu, Juni 19, 2024
BerandaPemerintahanAsisten I Setda OKU Membuka Musrenbang Kecamatan Lubuk Batang Tahun 2023.

Asisten I Setda OKU Membuka Musrenbang Kecamatan Lubuk Batang Tahun 2023.

OKU (SUMSEL), Xtimenews.Com – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKU mewakili PJ. Bupati OKU membuka Musrenbang Kecamatan Lubuk Batang, Tahun 2023, Selasa (28/02/2023).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKU Drs. Slamet Riyadi M.Si menyampaikan Musrenbang kecamatan yang kita laksanakan ini merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017.

Musrenbang kecamatan ini merupakan bagian dari mekanisme perencanaan partisipatif dengan peserta antara lain Kepala desa dan Lurah, delegasi Musrenbang desa, pimpinan dan anggota DPRD asal daerah pemilihan kecamatan, perwakilan perangkat daerah, tokoh masyarakat, wakil perempuan dan kelompok masyarakat rentan termarginalkan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Dikatakan Slamet Riyadi, pada tahun 2023 ini, pemerintah daerah bersama DPRD OKU telah menyepakati APBD kabupaten OKU tahun 2023.”Beberapa pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Lubuk Batang tahun ini diantaranya adalah pembangunan pagar SDN 136 dan 145 OKU. Pembangunan Poskesdes Talang Padang di desa Tanjung Dalam,” jelasnya.

Selain itu, peningkatan jalan Kepayang – Lubuk Batang, jalan desa Bandar Agung, dan pembangunan jalan Sumber Bahagia. Selanjutnya, pembangunan balai desa Gunung Meraksa, Simpang Kandis dan kantor Kepala desa Sumber Bahagia, dan rencana pembangunan pasar Lunggaian.

“Namun, dengan terbatasnya keuangan daerah, mungkin pembangunan yang direncanakan pada tahun ini belum memuaskan semua pihak.Akan tetapi, pembangunan yang dilaksanakan diharapkan dapat merata di tahun-tahun ke depan,” kata Slamet Riyadi.

Lebih lanjut, Slamet Riyadi mengatakan dalam kesempatan Musrenbang Kecamatan ini, kita juga akan membahas rencana usulan pembangunan yang disampaikan oleh desa-desa di kecamatan Lubuk Batang untuk tahun depan.

“Kami berharap bahwa pengambilan keputusan dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat,sehingga keputusan yang diambil adalah keputusan bersama terhadap usulan mana saja yang lebih penting dan mempunyai nilai manfaat lebih banyak bagi masyarakat,” harapnya.

Kemudian, hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan ini harus dituangkan dalam berita acara kesepakatan Musrenbang Kecamatan. Dari hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan ini harus dituangkan dalam berita acara kesepakatan Musrenbang Kecamatan.

Sementara, Camat Lubuk Batang menyampaikan salinan berita acara kesepakatan Musrenbang Kecamatan kepada Bappelitbangda Kabupaten OKU sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2024.”Kepada dinas/instansi yang terkait sebagai bahan penyusunan rancangan renja perangkat daerah tahun 2024 yang akan dibahas di forum perangkat daerah,” terangnya.

Pada kesempatan ini Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKU menyerahkan bantuan dari OPD kepada penerima bantuan di Kecamatan Lubuk Batang.

Turut hadir, OPD, unsur Muspika Lubuk Batang, Kades & BPD dan peserta Musrenbang lainnya. (Rivky).

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments