Senin, Mei 27, 2024
BerandaPemerintahanSambut Pemilu Serentak 2024, Wali Kota Ajak Parpol Bersinergi Jaga Kondusifitas Daerah

Sambut Pemilu Serentak 2024, Wali Kota Ajak Parpol Bersinergi Jaga Kondusifitas Daerah

MOJOKERTO, Xtimenews. com – Tahun 2024 akan berlangsung pesta demokrasi serentak. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak partai politik untuk berpartisipasi dalam menjaga kondusifitas sosial-politik di masyarakat. Hal ini disampaikan dalam Forum bimtek bantuan keuangan partai Politik, di Sabha Mandala Madya, Kantor Pemkot Mojokerto, Rabu (25/1/2022).

Menurutnya, dalam penyelenggaraan Pemilu harus ada kesiapan dari berbagai pihak. Tidak hanya instansi penyelenggara, tapi masyrakat juga diharapkan ikut terlibat menyukseskan hajat lima tahunan itu.

“Termasuk parpol, yang juga bagian dari masyarakat. Tentu teman-teman partai politik disini ingin pemilu berjalan dengan sukses,” kata Ning Ita sapaan akrab Wali Kota

Perlu diketahui, sebagaimana instruksi Presiden Jokowi dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda beberapa waktu lalu.

Di tahun 2024 dijadwalkan akan berlangsung pemilu serentak sebanyak dua kali. Pada bulan Februari akan dilaksanakan pemilihan presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kota. Sementara pada bulan September, akan dilakukan pemilihan Gubernur dan Wali kota/ Bupati.

Berbeda dengan pemilu serentak sebelumnya, pemilu mendatang akan benar-benar berlangsung secara bersamaan di berbagai daerah.

Dengan demikian TNI dan Polri akan bertugas di wilayah masing-masing, tidak bisa diperbantukan untuk daerah lain seperti sebelumnya.

Sehingga jelas, ketika dilaksanakan serentak, untuk menjaga kondisifitas suatu daerah dalam menyebut Pemilu mendatang, tidak bisa hanya mengandalkan TNI dan Polri. Masyarakat sipil juga memiliki peran untuk turut ambil bagian.

“Mari, ayo bersama-sama kita kuatkan peran kita masing-masing dalam menjaga kondusifitas sosial-politik, demi suksesnya Pemilu 2024,” tegas Ning Ita. (Pra)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments