Jumat, Juni 14, 2024
BerandaPemerintahanIni Sederet Kegiatan Menarik di HUT Ke-104 Kota Mojokerto

Ini Sederet Kegiatan Menarik di HUT Ke-104 Kota Mojokerto

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Tahun ini Kota Mojokerto genap berusia 104 tahun. Untuk merayakannya, Pemerintah Kota Mojokerto menggelar berbagai kegiatan yang mulai digelar sejak 16 Juni hingga 2 Juli mendatang.
Adapun beberapa acara spesial tersebut dinilai mampu mengundang daya tarik masyarakat, tidak hanya dari Mojokerto melainkan juga sejumlah daerah lainnya.

Rangkaian acara dimulai pada Kamis (16/6) malam dengan sholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. Setidaknya ada ribuan jemaah dari berbagai daerah membawa berbagai atribut khas penggemar Sholawat Habib Syech.

Meski sempat diguyur hujan sebelum acara berlangsung, antusias dari masyarakat tidak luntur untuk hadir dalam acara tersebut. Ditambah lagi gerimis yang turun pada tengah acara tidak membuat para jemaah merasa terusik, dan tetap melantunkan sholawat dengan khidmat.

Acara selanjutnya adalah upacara Hari Jadi Kota Mojokerto ke-104 di Halaman Kantor Wali Kota. Upacara semakin spesial dengan penampilan sendratasik dengan judul ‘Tribuana Tungga Dewi Sang Penakluk dan Pemersatu Nusantara’.

Penampilan seni drama, tari, dan musik hari itu dipersembahkan oleh Sanggar Lokapala binaan Kukun Triyoga. Melalui gelaran seni tersebut, diharapkan menjadi pengingat terkait sejarah kebangkitan kerajaan Majapahit yang tentu dapat menjadi inspirasi dalam membangun Kota Mojokerto.

Pemkot Mojokerto juga mengadakan festival kuliner yang menyajikan beragam jenis makanan dan minuman, baik tradisional maupun modern. Acara tersebut digelar sejak 17-23 Juni di parkir Timur Sunrise Mall, Jalan Benteng Pancasila.

“Selain puluhan stand kuliner, festival juga terdapat panggung hiburan yang diramaikan oleh artis-artis kenamaan Jawa Timur. Juga terdapat layar tancap dan beragam wahana permainan khas pasar malam, seperti dermulen (bianglala), kora-kora, dan ombak banyu,” ujar Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab disapa Ning Ita dalam keterangan tertulis, Rabu (22/6/2022).

Terdekat, Pemkot Mojokerto akan menggelar Kirab Budaya Mojo Bangkit untuk mengilustrasikan bangkitnya masyarakat Kota Mojokerto baik secara fisik dan non fisik, dengan berlandaskan jargon ‘Spirit of Majapahit’.

Kirab akan digelar pada Sabtu (25/6) sejak pukul 13.00 WIB, dengan titik pemberangkatan dari Lapangan Surodinawan dan berakhir di Rumah Rakyat Kota Mojokerto.

Arak-arakan terdiri dari beragam penampilan tarian, musik, dan kostum tematik dari tiga era, yaitu Majapahit, Kadipaten Japan, serta penjajahan dan perjuangan kemerdekaan. Penampil dalam kirab tersebut adalah para siswa-siswi dan warga Kota Mojokerto.

Ning Ita pun mengajak seluruh warga untuk hadir menyaksikan parade budaya yang akhirnya bisa kembali digelar dalam rangkaian Hari Jadi ke-104 Kota Mojokerto ini.

“Bagi seluruh warga Kota Mojokerto dan sekitarnya silahkan menonton, silahkan datang menyaksikan ‘Kirab Budaya Mojo Bangkit’, ajak seluruh keluarga, kita semarakan rangkaian Hari Jadi ke-104 Kota Mojokerto,” tutur Ning Ita.

Selain shalawat Bersama dan beragam gelaran terkait seni dan budaya, Pemkot Mojokerto juga mengadakan Gowes Bareng Bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Wali kota Ika Puspitasari, pada hari Minggu (26/6) nanti.

Selain bersepeda bersama, kegiatan semakin meriah dengan puluhan hadiah doorprize menarik bagi para peserta. Door prize didapat berdasarkan hasil undian kupon yang dibagikan panitia secara gratis kepada peserta di lokasi start gowes, yaitu lapangan Raden Wijaya.

Pemkot Mojokerto juga akan menggelar seni pertunjukan wayang kulit pada Selasa (28/6) malam di lapangan Raden Wijaya, Jalan Raya Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon. Dalam pergelaran tersebut, dalang Ki Cahyo Kuntadi akan mengangkat cerita ‘Lakon Srikandhi Kridho’ serta penampilan lawak dari Jo Klithik dan Jo Kluthuk serta sinden dari Hungaria, Agnes Serfozo.

Sebagai penutupan Kota Mojokerto akan menjadi tuan rumah penutupan event nasional Muhibah Jalur Rempah yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), tepatnya 2-3 Juli 2022.

Setelah menyusuri jalur rempah di Nusantara selama 32 hari mulai 1 Juni 2022 hingga 2 Juli 2022 mendatang, kapal KRI Dewa Ruci akan kembali berlabuh di Surabaya.

Para awak kapal, laskar rempah yang merupakan pemuda-pemudi dari 34 provinsi se-Indonesia, serta sejumlah pejabat kementerian dan pemda akan berkumpul dalam sebuah forum di Kota Mojokerto.

Sehingga dalam rangka menyambut hal tersebut, akan digelar beragam gelaran seni, budaya, fesyen, dan kuliner secara meriah dan menarik bagi masyarakat.

“Itu tadi sejumlah kegiatan utama yang digelar Pemkot Mojokerto dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Mojokerto. Sejumlah agenda baru akan berlangsung beberapa hari ke depan. Jadi, masih ada kesempatan untuk ikut serta meramaikan perayaan Hari Jadi ke-104 Kota Mojokerto. Jangan lewatkan!” ungkap Ning Ita.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments