Senin, Mei 27, 2024
BerandaIndexPeristiwaWarga Melihat Bola Api Melintas di Langit Sebelum Terjadi Ledakan di Bekas...

Warga Melihat Bola Api Melintas di Langit Sebelum Terjadi Ledakan di Bekas Galian C Mojokerto

[metaslider id=”22411″]

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Sebuah objek menyerupai bola api besar terlihat warga melintas diatas pemukiman sebelum terjadi ledakan di bekas kubangan galian C yang ada di Dusun Watuumpak Desa Kepuhpandak, Kecamatan Kutorejo, Mojokerto.

Fenomena penampakan bola api itu diketahui oleh Fudi (61) warga Dusun Mlaten Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal. Ia melihat lingkaran berwarna oranye seperti matahari yang akan tengelam melintas dari arah utara ke selatan di atas rumahnya.

“Tingginya sekitar 20 meter, saat melintas benda berwarna oranye itu berjalan pelan,” kata Fudi kepada wartawan saat ditemui di rumahnya, Kamis (21/1/2021).

Tak hanya memancarkan cahaya terang, Fudi juga melaporkan ada getaran saat benda itu melintas diatas rumahnya. Fenomena itu, menurut Fudi juga diketahui oleh tetangga sekitar.

“Banyak yang tahu, itu depan rumah juga melihat termasuk cucu saya,” terangnya.

Setelah melihat fenomena bola api itu, beberapa detik kemudian, Fudi mendengar suara ledakan dasyat yang datang dari arah selatan. Seketika dia bersama warga yang lain berhamburan keluar.

“Ada ledakan dan cahaya merah di langit. Saya langsung mendatangi lokasi itu. Ternyata pembuangan sampah terbakar,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Muhammad Nur Husen (61) tentangga Fudi. Ia tidak melihat persis bola api yang melintas diatas rumahnya, namun ia merasakan ada getaran pada kaca rumahnya.

“Saat itu saya ada didalam rumah, saya keluar tanya sama tetangga ada apa ini? Tapi saya dengar ada yang bergerak dirumah,” jelasnya.

Sama dengan Fudi, setelah beberapa detik benda itu melintas, Husen juga mendengar ledakan dasyat yang terdengar dari arah selatan. Ia bersama warga sekitar mengira bola api itu sebuah meteor.

“Banyak yang mengira meteor,” terangnya.

Meskipun begitu, Fudi dan Husen tidak berani memastikan, ledakan dasyat itu disebabkan oleh objek yang menyerupai bola api yang melintas diatas rumahnya.

“Apinya merah, tapi ya belum tahu apa yang meledak. Yang pasti setelah benda itu melintas beberapa detik kemudian ada ledakan jaraknya sekitar 1 kilometer dari sini,” bebernya.

Ledakan dasyat yang membakar tumpukan sampah di bekas galian C yang berada di Dusun Watuumpak Desa Kepuhpandak Kecamatan Kutorejo, terjadi pada Rabu (20/1/2021) sekitar pukul 19.00 WIB.

Pantauan dilokasi, dua kubangan bekas galian C yang dijadikan tempat pembuangan sampah terbakar hebat. Serbuk berwarna putih didekat lokasi kebakaran sampah berceceran.

Empat mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk memadamkan api.

Peristiwa itu membuat warga sekitar sempat panik. Bahkan, selain suara menggelegar, api berkobar dan asap membumbung, ledakan itu juga menggetarkan tanah dan rumah warga sekitar.

Getaran akibat ledakan dasyat itu juga dirasakan warga yang berjarak 1 kilometer dari lokasi. Suara menggelegar membuat warga yang ada di dalam rumah berhamburan keluar lantaran penasaran dengan peristiwa itu.

“Kaget tiba-tiba “bomm…. kaca rumah bergetar saya kira pabrik meledak,” ungkap Abdul Hadi (55) warga Dusun/Desa Mojotamping Kecamatan Bangsal.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments