Jumat, Mei 3, 2024
BerandaIndexPeristiwaGunung Penanggungan Terbakar, Diduga Akibat Ulah Pendaki

Gunung Penanggungan Terbakar, Diduga Akibat Ulah Pendaki

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Lereng Gunung Penanggungan Kabupaten Mojokerto mengalami kebakaran, Senin (24/8) dini hari.

Akibat kejadian itu semua jalur pendakian ke gunung Pawitra itupun ditutup sementara.

Kebakaran terjadi di lereng Gunung Penanggungan, tepatnya di atas Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

“Api sebagian besar membakar padang rumput di atas Desa Kedungudi, tidak sampai merambah ke hutan,” kata Sekretaris Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Lestari, Khoirul Anam, Senin (24/8/2020).

Ia menjelaskan, api diketahui membakar lereng Penanggungan dini hari tadi sekitar pukul 02.00 WIB. Puluhan personil dikerahkan untuk memadamkan api secara manual. Pemadaman melibatkan 16 personil Tim SAR Penanggungan, para relawan, serta petugas pendakian dari jalur Jolotundo dan Kedungudi.

“Alhamdulillah api bisa kami padamkan pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB,” terang Anam.

Kebakaran kali ini, lanjut Anam, diduga akibat ulah pendaki. Luasan padang rumput yang terbakar masih diinvestigasi oleh pihak kepolisian dan BPBD Kabupaten Mojokerto.

“Informasi awal pemicu kebakaran pendaki, sedang diinvestigasi,” ungkapnya.

Meski kebakaran telah dipadamkan, kata Anam, semua jalur pendakian resmi ke puncak Penanggungan ditutup sementara. Yaitu jalur Tamiajeng, Kedungudi, jalur Jolotundo, serta jalur Telogo di Dusun Kandangan, Desa Kujorowesi, Kecamatan Ngoro.

“Jalur pendakian kami tutup untuk mengantisipasi barangkali ada sisa bara. Kami menunggu koordinasi lebih lanjut dengan Pemda dan Perhutani. Kalau semua clear, kami buka. Hari ini kami pastikan belum buka,” jelasnya.

Sementara semua pendaki yang naik melalui jalur Tamiajeng dipastikan telah turun. Sehingga tidak ada pendaki yang terjebak di kawasan puncak Penanggungan.

“Tim kami melaporkan pukul 10.00 WIB sudah turun bersama pendaki terakhir,” tandasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments