Kamis, Mei 2, 2024
BerandaPemerintahanBerkunjung ke Kampung Coklat, Ini Kata Gubernur Jatim

Berkunjung ke Kampung Coklat, Ini Kata Gubernur Jatim

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Kampung Coklat Majapahit yang berada di kawasan Wisata Desa BMJ, Desa Randu Genengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Selasa (4/8/2020).

Dalam kunjungan kali ini Gubernur Jatim memaparkan tentang pemulihan ekonomi, membangun ketahanan ekonomi dan meningkatkan stabilitas produk mikro kecil dan menengah.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Jawa Timur memiliki produk andalan oalah makanan dan minuman (mamin) termasuk produk coklat.

“Saya berharap ini akan menjadi pengungkit gerakan ekonomi masyarakat di lini paling bawah,” kata Khofifah, Selasa (4/8).

Jawa Timur memiliki peran penting untuk membangun pemenuhan kebutuhan cokelat, sementara di Indonesia peningkatan permintaan kebutuhan coklat cukup besar.

“Saat pandemi ini ada penurunan permintaan. Kita semua berharap Pandemi Covid-19 ini bisa segera berlalu dan seluruh proses kehidupan pergerakan ekonomi masyarakat bisa bangun kembali diberi stimulus untuk mengungkit pergerakan ketahanan ekonomi,” ujarnya.

“Kelompok Tani Mulyo Jati ini saya minta tolong untuk bisa menggerakkan 22 Poktan yang ada didalam keanggotaan poktan Mulyo Jati. Saya rasa kita dalam posisi yang siap untuk menggelontorkan anggaran untuk menggerakkan sektor ultra mikro, mikro kecil dan menengah di Jawa Timur apapun. Tapi lebih spesifik karena memang kekuatan Jatim pada industri olahan makanan dan minuman,” lanjutnya.

Selain itu, masih kata Khofifah, bisa juga kampung coklat menjadi sentra pembelajaran bagi SMK dan perguruan tinggi dan menjadi destinasi wisata edukasi.

“Jadi mungkin sambil sekarang proses pembelajaran belum normal seperti yang dulu, barang kali secara bertahap dan secara terbatas anak-anak bisa diajak untuk melihat cara mengolah coklat dan seterusnya. Sehingga dari sini mereka punya inspirasi untuk menjadi pelaku-pelaku usaha terutama di bidang percokelatan di Indonesia,” tandasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments