Selasa, April 30, 2024
BerandaPemerintahanBLT Warga Terdampak Covid-19 di Jombang Sudah Mulai Disalurkan

BLT Warga Terdampak Covid-19 di Jombang Sudah Mulai Disalurkan

JOMBANG, Xtimenews.com – Warga terdampak pandemi wabah virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Jombang hari ini layak berbahagia. Karena, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) mulai hari ini sudah disalurkan.

Terdapat 24.100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Jombang yang akan menerima bantuan yang bersumber dari anggaran Kemensos. Bantuan tersebut disalurkan melalui PT Pos Indonesia, selanjutnya dibagikan ke kantor desa.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengatakan, tiap KPM akan menerima BLT sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan, yakni bulan April sampai bulan Juni.

“Besaran BLT Kemensos ini 600 ribu untuk masing-masing KPM. Dan hari ini mulai disalurkan lewat Kantor Pos. Nanti pihak Kantor Pos yang membagikan ke desa-desa,” ucapnya, Selasa pagi (12/05/20), saat launching BLT kemensos, di Kantor Pos.

Selain BLT yang disalurkan lewat Kantor Pos, ada juga yang disalurkan lewat rekening bank yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Penyaluran bantuan ini juga bertahap, mulai hari ini hingga selesai. Sedangkan pembagian di masing-masing desa nantinya tetap menggunakan protokol kesehatan.

“Ada sekitar 6 ribu KPM yang akan menerima bantuan ini lewat rekening Bank. Untuk pembagian di desa, tetap sesuai protokol kesehatan yaitu physical distancing, jadi ada ruang untuk tetap menjaga jarak dan pakai masker,” tegas Mundjidah.

Mundjidah wahab, juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan penyisiran terkait adanya warga masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sama sekali. “Kita akan lakukan penyisiran lagi, karena pasti ada yang belum terdata,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Pos Deki Ermawan, untuk penyaluran BLT melalui Kantor Pos yang berada di tingkat kecamatan. Penyaluran ini juga dilakukan secara bertahap.

“Hari ini penyaluran di Kecamatan Jogoroto dan Diwek dan sebagian desa yang berada di Kecamatan Jombang. Hari berikutnya di Kecamatan Bandar kedungmulyo, Perak dan Gudo. Nanti kita akan koordinasikan dengan pemerintahan daerah setempat, jadwal sudah kami susun untuk kecamatan lainnya,” tandasnya.(wis/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments