Kamis, Mei 2, 2024
BerandaPemerintahanDPRD Serahkan SK Rekomendasi LKPJ Bupati Mojokerto Tahun 2019

DPRD Serahkan SK Rekomendasi LKPJ Bupati Mojokerto Tahun 2019

MOJOKERTO, Xtimenews.com – DPRD Kabupate Mojokerto, selenggarakan Rapat Paripurna, dengan agenda pembacaan surat keputusan DPRD tentang rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2019, Jumat (17/04/2020), di Graha Whcesa, gedung DPRD Kabupaten Mojokerto.

Pada kesempatan rapat ini, diserahkan surat keputusan DPRD Kabupaten Mojokerto, kepada Bupati Mojokerto tentang rekomendasi terhadap LKPJ Bupati tahun 2019.

Bupati Mojokerto Pungkasiadi, yang akrab dipanggil dengan sebutan Pung dalam sabutannya mengatakan, dalam rangka memenuhi amanat undang-undang No. 23 thn 2014 Tentang Pemerintah Daerah, dimana pada tanggal 8 April 2020 yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Mojokerto tahun 2019 kepada DPRD.

“Secara esensial, seluruh yang saya sampaikan tersebut, merupakan laporan hasil implementasi berbagai program pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah daerah pada tahun 2019,” ungkap Pung.

Lanjutnya, berdasarkan peraturan pemerintah No. 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah tepatnya pada pasal 19 ayat 1, disebutkan bahwa Kepala Daerah menyampaikan lKPJ kepada DPRD dalam rapat paripurna yang dilakukan 1 kali dalam 1 tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Saya sampaikan, bahwa
penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mojokerto pada tahun 2019, berjalan relatif lancar tanpa banyak kendala yang berarti,” bebernya.

Menurutnya, hal ini tidak lepas dari tetap terjaganya keharmonisan hubungan dan sinergitas kepentingan antara pihak eksekutif dan legislatif.

“Juga adanya peran aktif yang berkesinambungan dari seluruh pemangku kepentingan lokal terhadap berbagai program Pemkab Mojokerto,” akui Pung.

Setelah melalui tahapan pembahasan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, maka pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Mojokerto tahun 2019 telah menghasilkan beberapa rekomendasi kepada eksekutif.

“Hal tersebut, adalah merupakan salah satu bentuk tanggapan yang sifatnya membangun khususnya terhadap Kinerja Pemkab Mojokerto, pada tahun 2019 dan tahun-tahun mendatang pada umumnya,” jelas Pung.

Sebelum menutup, atas nama pribadi dan Pemkab Mojokerto serta masyarakat Kabupaten Mojokerto, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak antara lain, tokoh masyarakat, tenaga kesehatan, TNI, Polri serta pihak-pihak lainnya, yang berada pada Garda terdepan pencegahan dan penanganan Covid -19 di Kabupaten Mojokerto. (den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments