Selasa, Mei 7, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBentuk Generasi Muda Berkarakter Danpos Ramil Bina Wasbang Di SMPN 2 Mojoanyar

Bentuk Generasi Muda Berkarakter Danpos Ramil Bina Wasbang Di SMPN 2 Mojoanyar

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Dalam upaya membentuk generasi muda berkarakter dan berwawasan kebangsaan, Pos Ramil Mojoanyar Kodim 0815/Mojokerto menyelenggarakan pembinaan wawasan kebangsaan di SMPN 2 Mojoanyar, Dusun Damarsi Desa Kepuh Anyar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (02/03/2020).

Kegiatan pembinaan wawasasan kebangsaan tersebut, diawali dengan pelaksanaan upacara bendera dengan pembina upacara Danpos Ramil Mojoanyar, Lettu Inf Akhmad Rifai, sedangkan komandan upacara dipercayakan kepada Babinsa Kepuh Anyar, Serda Sarbini. Sementara peserta upacara terdiri dari para Guru SMPN 2 Mojoanyar dan siswa SMPN 2 Mojoanyar sekitar 450 orang.

Dihadapan ratusan siswa/siswi, Danpos Ramil Mojoanyar, Lettu Inf Akhmad Rifai, menegaskan, upacara bendera merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap lambang negara, seperti saat pengibaran bendera merah putih dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

“Melalui mengheningkan cipta dan berdo’a dalam rangkaian upacara ini, dimaksudkan untuk mendo’akan sekaligus mengenang jasa para pahlawan dan para pendahulu yang telah berjuang mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut Danpos Ramil Mojoanyar, menandaskan, mengibarkan bendera Merah Putih dalam upacara rutin ini merupakan tugas kita bersama. Bila bukan kita yang mengibarkan bendera Merah Putih, tidak mungkin orang asing yang mengibarkan bendera bangsa kita.

Personel Pos Ramil MojoanyarKodim 0815/Mojokerto saat mengenalkan Permainan Wasbang bagi siswa SMPN 2 Mojoanyar.

“Melalui kegiatan ini (upacara) kita dapat memupuk rasa kecintaan terhadap tanah air, nasionalisme, patriotisme,,kedisiplinan, kepemimpinan, kebersamaan dan kekompakan,” tandasnya.

Untuk melatih kedisiplinan, kebersamaan dan kekompakan, sejumlah 450 siswa/siswi SMPN 2 Mojoanyar khusus kelas VII dan VIII, dikenalkan dan diajarkan materi permainan Wasbang, meliputi permainan holahop, bola tali dan permadani terbang, yang dipandu personel Pos Ramil Mojoanyar.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Mojoanyar, Pudji Listiorini, S.Pd, M.MPd, saat diminta pendapatnya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pos Ramil Mojoanyar dan Kodim 0815/Mojokerto yang telah melakukan pembinaan wawasan kebangsaan sehingga anak didik kami lebih termotivasi.

Pembinaan Wasbang dari TNI sangat berkesan dan mengena di lingkungan pendidikan khususnya bagi generasi muda yang sedang menempuh pendidikan di SMPN 2 Mojoanyar. “Kami berharap, kegiatan ini bisa berjalan secara berkala dari TNI,” ungkapnya.

“Ini salah satu kedekatan sekaligus peran Babinsa dalam membantu pembentukan karakter bagi generasi muda khususnya anak didik kami sehingga diharapkan menjadi generasi yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan,” pungkasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments