Senin, April 29, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBabinsa Ngembeh Koramil 14/Dlanggu Bersama Petani Cek Hama Tanaman Padi

Babinsa Ngembeh Koramil 14/Dlanggu Bersama Petani Cek Hama Tanaman Padi

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Perawatan atau pemeliharaan tanaman padi yang tepat, benar dan terjadwal merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam pencapaian hasil panen.

Guna tercapainya hasil panen yang optimal bagi petani di desa binaan, Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815/Mojokerto, Serka Hendra Utama, turun langsung dalam perawatan tanaman padi, di Desa Ngembeh Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (15/02/2020).

Diungkapkan Serka Hendra Utama, pendampingan perawatan tanaman padi ini berlangsung di lahan seluas setengah hektar milik Wagino, Anggota Poktan Mardi Makmur 1, Dusun/Desa Ngembeh, Dlanggu.

Masih lanjut Babinsa, perawatan tanaman padi yang dilakukan berupa pengecekan hama tanaman seperti keong mas, yang memakan atau menggerogoti batang dan daun tanaman padi.

Serka Hendra Utama menambahkan, Pencegahan hama keong mas yang cukup jitu dengan memungut dan memusnahkan telur keong mas yang menempel pada pangkal batang dan daun tanaman padi

“Pengendalian hama keong mas bisa dilakukan pada 10 hari pertama selesai tanam hingga tanaman padi berumur 30 hari setelah tanam. Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan di musim tanam berikutnya di areal yang sama dan areal sawah sekitarnya.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Eko Wahyudi, mengungkapkan, aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa di desa binaan merupakan bagian dari Upsus Ketahanan Pangan guna membantu petani dalam pencapaian swasembada pangan sesuai yang diprogramkan Pemerintah.

“Pendampingan ini merupakan aksi nyata para Babinsa dalam mendukung, mengawal dan mensukseskan percepatan swasembada pangan,” pungkas Danramil.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments