Selasa, April 30, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKapolri Pimpin Prosesi Pengukuhan Kenaikan Tipologi Polda Sulteng

Kapolri Pimpin Prosesi Pengukuhan Kenaikan Tipologi Polda Sulteng

KOTA PALU (Sulteng), Xtimenews.com – Berdasarkan Keputusan Kapolri No. Kep/1965/X/2019, tanggal 14 Oktober 2019, Polda Sulteng mengalami perubahan tipe, dari tipe B menjadi tipe A. Prosesi pengukuhan kenaikan tipologi Polda Sulteng tersebut dilakukan dalam suatu upacara yang digelar di Mako Polda Sulteng Jalan Samratulangi Kota Palu, pada Jumat (15/11) dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, MSi.

Pengukuhan kenaikan tipe yang ditandai dengan penyerahan pataka Polda Sulteng “Wira Dharma Brata” oleh Kapolri kepada Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hatiyanto, MSi tersebut, dihadiri Ketua Umum Bhayangkari Ny. Fitri Handari Idham Azis, As SDM Kapolri Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri, SH, MM, Asrena Polri Irjen Pol. Drs. Agung Sabar Santoso, SH, MH, Kadivpropam Irjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, MSi, Kadivhumas Irjen Pol. Muh. Iqbal, SIk, MH, serta Brigjen Pol. Drs. I Ketut Argawa dan Brigjen Pol. (Purn) Drs. Dewa Parsana (keduanya mantan Kapolda Sulteng) dan sejumlah pejabat lainnya dilingkungan Mabes Polri yang mengikuti rombongan Kapolri.

Selain itu, hadir pula Gubernur Sulteng Drs. Longky Djanggola, MSi, Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira, Danrem 132/Tadulako, Danlanal Palu, Walikota Palu dan para Bupati, para pimpinan bank, para Rektor Universitas di daerah ini, pimpinan media, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Kapolri yang pernah menjabat sebagai Kapolda Sulteng pada 2014-2016, dalam kesempatan ini mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas kenaikan tipe Polda Sulteng dari tipe B menjadi tipe A. Ia lalu memotivasi seluruh personel jajaran Polda Sulteng untuk meningkatkan kinerja terbaiknya dimana pun berada.

“Sejarah mencatat beberapa pimpinan Polri lahir dari Polda Sulteng. Hal ini bisa menjadi motivasi bahwa dimanapun kita bekerja apabila memberi yang terbaik pasti akan dipilih oleh Tuhan dan organisasi,” jelas Kapolri.

Kepada seluruh personel Polri jajaran Polda Sulteng, Kapolri tekankan bahwa amanah yang diberikan Tuhan dan organisasi, tanggung jawabnya harus seiring dan sejalan. Semangat untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat dan menaikkan komitmen serta integritas yang tertanam dalam dada masing-masing bukan untuk berkonspirasi.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto, SIk, menjelaskan, seiring dengan kenaikan tipe Polda Sulteng dari tipe B menjadi tipe A, tataran struktur organisasi dan pejabat pun mengalami perubahan antara lain Wakapolda Sulteng yang sebelumnya dijabat oleh Perwira Menengah (Pamen) berpangkat Komisaris Besar (Kombes) Polisi kini dijabat oleh seorang Perwira Tinggi (Pati) bintang satu yakni Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi yang sekarang ini Wakapolda Sulteng dijabat Brigjen Pol. Drs. Nurwindiyanto, MM.(bas/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments