Minggu, April 28, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPembinaan Fungsi Bhabinkamtibmas Sejajaran Polda Sulteng

Pembinaan Fungsi Bhabinkamtibmas Sejajaran Polda Sulteng

KOTA PALU (Sulteng), Xtimenews.com – Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, membuka kegiatan pembinaan fungsi Bhabinkamtibmas, pada Selasa (12/11) di gedung “Torabelo” Mapolda Sulteng. Saat membuka kegiatan ini, Kapolda didampingi Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs. Nurwindiyanto MM, dihadiri Irwasda Kombes Pol. Drs. Aries Syarief Hudayat, MM, pejabat utama Polda Sulteng. Selain diikuti 248 personel Bhabinkamtibmas juga hadir para Kasat Binmas Polres se jajaran Polda Sulteng.

Kapolda Sulteng dalam pengarahannya mengatakan, dalam waktu dekat yakni tahun 2020, Sulteng akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Gubernur/Wakil Gubernur Sulteng maupun Walikota/Wakil Walikota Palu serta beberapa Bupati/Wakil Bupati.

Menghadapi “pesta rakyat” tersebut, para Bhabinkamtibmas harus mengambil peran yang besar karena fungsinya sangat sentral. Bhabinkamtibnas yang ditugaskan di desa/kelurahan merupakan ujung tombak polri memiliki peran sentral dalam menyikapi setiap permasalahan yang muncul di masyarakat. Selanjutnya melakukan upaya antisipasi demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Selain itu, para, anggota Bhabinkamtibmas juga harus mampu melakukan upaya deteksi dini terjadinya ancaman radikalisme dan disintegrasi bangsa serta potensi gangguan kamtibmas di wilayah masing-masing selama pilkada tahun 2020, karena Bhabinkamtibnas adalah representasi polisi yang berintegrasi langsung dengan masyarakat dalam mengemban fungsi kepolisian.

“Salah satu ciri polri kedepan adalah polisi yang mengutamakan pencegahan,” tegas Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga memaparkan 7 program unggulan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, MSi, yakni mewujudkan SDM yang unggul, pemantapan Harkamtibmas, penguatan penegakan hukum (gakkum) yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisional, penataan kelembagaan, penguatan pengawasan. Ke-7 program unggulan Kapolri tersebut kata Kapolda merupakan rancangan strategi polri yang memerlukan dukungan dan tindakan nyata dari seluruh personel polri.

“Program unggulan Kapolri ini perlu dukungan seluruh personel polri agar situasi kamtibmas yang kondusif dapat terjaga dan terpelihara,” tandasnya.(bas/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments