Senin, April 29, 2024
BerandaPemerintahanSidoarjo Dinobatkan Sebagai Kabupaten Layak Pemuda Kategori Utama

Sidoarjo Dinobatkan Sebagai Kabupaten Layak Pemuda Kategori Utama

SIDOARJO, Xtimenews.com – Kabupaten Sidoarjo mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Pemuda Kategori Utama tahun 2019 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali kepada Bupati Sidoarjo,Saiful Ilah saat puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Jakarta Concert Hall Inews, Senin malam (28/10).

Acara bertajuk Malam Anugerah Kepemudaan 2019 mengambil tema ‘Bersatu Kita Maju’ dihadiri ratusan Bupati/Walikota. Ada 10 Kab/kota yang mendapat penghargaan Kabupaten Layak Pemuda kategori Utama, salah satunya adalah Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan daerah lain meraih kategori pratama dan madya.

Menteri Pemuda Dan Olahraga, Zainudin Amali, mengatakan penghargaan kepemudaan merupakan upaya dan komitmen Kemenpora untuk memberikan motivasi agar anak muda terus berkarya nyata, membawa perubahan, melakukan perbaikan bagi diri, dan lingkungannya, Kemenpora berkomitmen melayani dan mengapresiasi mereka,” ujarnya

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, saat ditanyakan soal dipilihnya Kabupaten yang ia pimpin itu menerima penghargaan tingkat nasional mengatakan bahwa “Dalam penilaian Kemenpora RI beberapa bulan lalu, Sidoarjo menjadi salah satu daerah yang dinilai telah memajukan kegiatan kepemudaan dalam pembangunan dan memberikan peran kepada pemuda sebagai penggerak pembangunan daerah,” kata Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah didampingi Ketua MPI (Majelis Pemuda Indonesia) Kabupaten Sidoarjo, Ari Suryono dan Kepala Disporapar, Joko Supriadi.

Ketua MPI Kabupaten Sidoarjo, Ari Suryono, mengatakan penghargaan tersebut adalah bentuk dari sinergitas antara Pemkab Sidoarjo dengan pemuda “Harapan kami, prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Pemuda, dalam hal ini MPI dan KNPI Sidoarjo, siap mendukung setiap program-program Pemkab Sidoarjo yang berorientasi pada kreativitas pemuda,” kata Ari.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Joko Supriadi mengatakan, Kabupaten Sidoarjo menerima penghargaan ini karena telah memenuhi beberapa indikator.

“Sebelumnya, Tim verifikasi Kabupaten Layak Pemuda dari Kemenpora RI telah melakukan kunjungan lapangan di Kabupaten Sidoarjo pada bulan Agustus 2019 lalu untuk melihat dokumen/berkas Kabupaten Layak Pemuda sekaligus untuk melihat sinergi antara Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dengan organisasi kepemudaan yang ada di Sidoarjo”, ujar Joko.

Malam Anugerah Kepemudaan 2019 diisi dengan Pemberian Penghargaan yang terdiri dari Pemuda Pelopor Tingkat Nasional, Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda, Pemuda Hebat Internasional dan Difabel serta Anugerah Kota/Kabupaten Layak Pemuda. (ain/den/gan).

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments