Selasa, April 30, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPolda Sulteng Gelar Syukuran HUT Polwan ke 71 Tahun 2019

Polda Sulteng Gelar Syukuran HUT Polwan ke 71 Tahun 2019

KOTA PALU (Sulteng), Xtimenews.com – Eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan menunjukkan presrasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang Promoter.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan hal tersebut dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto, dalam acara syukuran HUT Polwan ke 71 yang digelar di gedung “Torabelo” Mapolda Sulteng, pada Kamis (5/9).

Menurut Kapolri, hingga saat ini anggota Polwan sudah Ada 3 personal yang menyandang pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen), 65 personel berpangkat Komisaris Besar (Kombes), 644 personel berpangkat AKBP, 959 personel berpangkat Komisaris Polisi (Kompol), 5.672 personel Perwira Pertama (Pama), 4 personel sedang menjabat sebagai Kapolres, 14 personel menjabat sebagai Wakapolres, dan 32 personel anggota Polwan menjabat sebagai Kapolsek.

Selanjutnya kata Kapolri, di dunia internasional Polwan RI juga memiliki kiprah cemerlang. Sepanjang tahun 2019, ada 22 personel anggota Polwan ikut melaksanakan misi pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di 7 negara yakni di Afrika Tengah, Haiti, Mali, Congo, Sudan, Sudan Selatan dan Yaman. Yang tak kalah membanggakan, Polwan mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan konferensi tahunan ke 58 Asosiasi Polisi Wanita Internasional yang akan dilaksanakan pada 4 hingga 10 September 2019 di Yogyakarta.

“Sejalan dengan hal tersebut, saya memberi kesempatan yang luas kepada Polwan untuk mengikuti pendidikan pengembangan, baik di dalam maupun diluar negeri serta untuk menduduki jabatan operasional,” jelas Kapolri.

Kapolri mengucapkan selamat dan teriring doa kepada seluruh Polisi Wanita Indonesia dimana pun bertugas, dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Juga Polwan yang sedang melaksanakan tugas di luar negeri, sebagai pasukan dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB, melaksanakan tugas di kedutaan dan konsulat Indonesia di manca negara maupun sedang mengikuti pendidikan di berbagai perguruan tinggi di luar negeri. “selaku Kapolri, saya ucapkan selamat HUT Polwan ke 71,” katanya.

Acara syukuran HUT Polwan ke 71 yang digelar di Sulteng menggusung tema “semangat promoter pengabdian Polwan untuk masyarakat bangsa dan negara”, diikuti seluruh Polwan jajaran Polda Sulteng dan Polres.

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolda Sulteng, Wakil Kapolda Sulteng Setyo Boedi Moempoeni Harso, para pejabat utama Polda Sulteng dan para Kapolres.

Dalam acara yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, Kapolda Sulteng menyerahkan piagam penghargaan kepada anggota Polwan yang berprestasi yakni Briptu Ni Nyoman Krisda Yuliani Bhabinkamtibmas Polsek Torue Polres Parimo, dan tim penyelam Polwan Polda Sulteng yang ikut dalam memecahkan rekor dunia di Manado. Selain itu, juga pemberian bantuan “tali asih” kepada orang tua anggota Polwan korban tsunami serta kepada pemenang lomba Maumere. (HM. Basri/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments