Senin, Mei 27, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKapolri Buka Rakernis Divhumas Polri

Kapolri Buka Rakernis Divhumas Polri

PALU (Sulteng), Xtimenews.com – Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Divisi Humas (Divhumas) Polri yang digelar di Rupatama Mabes Polri pada Kamis (29/8) dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Tito Karnavian, P. Hd, diikuti Pejabat Utama Polri, mantan Kadivhumas Polri, para Kabidhumas Polda jajaran, para Kasubbidhumas Polda, PPID satker Mabes Polri, serta staf Divhumas Polri.

Tema yang diusung dalam acara ini adalah : “strategi manajemen kehumasan melalui pengembangan kapasitas organisasi dalam rangka mewujudkan Polri yang promoter”.

Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto yang turut dalam Rakernis ini menyebutkan, Rekernis Humas Polri yang akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 28 hingga 30 Agustus 2019 tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun Divhumas Polri dalam rangka peningkatan kinerja fungsi humas Polri serta apa yang menjadi strategi manajemen kehumasan dalam menghadapi tantangan tugas kedepan agar dapat menjadi humas Polri yang promoter.

Ketika membuka kegiatan ini, kata Didik Supranoto, Kapolri menjelaskan, bahwa dulu dikenal Trias Politica yaitu Eksekutif, Legislatig dan Yudikatif. Tapi banyak pengamat dan ahli internasional mengatakan tidak cukup hanya itu, masih ada tambahan satu lagi yakni media sebagai pilar keempat demokrasi.

“Media menjadi pilar yang sangat penting untuk dichek and balances,” kata Kapolri.

Kapolri akui, sejak kepemimpinannya di Polri, fungsi humas masuk dalam tiga kebijakan utama selain peningkatan kinerja dan perbaikan kultur.

“Betapa pentingnya humas sehingga dimasukkan dalam tiga kebijakan utama. Manajemen media masuk strategi utama karena memang situasi sudah berubah,” jelas Kapolri.

Pembukaan Rakernis Humas Polri tersebut ditandai dengan lounching inovasi kehumasan SPIT (Sistem Pengelolaan Informasi Terpadu, penyerahan cenderamata kepada mantan Kadivhumas pada masanya, penyerahan cenderamata kepada Kabidhumas berprestasi dan media mitra Polri yang berprestasi baik media cetak, elektronik, online serta netizen mitra Polri.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di hotel Mercure Ancol Jakarta tersebut menghadirkan pemateri internal Divhumas Polri, dan eksternal yakni dari Kemenkominfo, Kepala BSSN, Ketua Dewan Pers, Ketua KIP, Ketua KPI, Ketua Perhumas, Staf khusus kepresidenan bidang komunikasi dan pemateri lainnya. (HM. Basri/Sugeng/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments